Ukraina Gunakan USV Kamikaze, Bersenjata Rudal R-73 FrankenSAM, Jadi Ancaman Pesawat dan Helikopter

Ukraina Gunakan USV Kamikaze, Bersenjata Rudal R-73 FrankenSAM, Jadi Ancaman Pesawat dan Helikopter

Foto : Drone USV Kamikaze.-Ukraina Gunakan USV Kamikaze, Bersenjata Rudal R-73 FrankenSAM, Jadi Ancaman Pesawat dan Helikopter-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Dihancurkannya drone laut atau USV (Unmanned Surface Vehicle) kamikaze Ukraina oleh Kamov Ka-29 Rusia, telah menarik perhatian.

Pasalnya untuk pertama kali, sebuah USV kamikaze dipersenjatai rudal permukaan ke udara. Temuan ini menyiratkan USV kamikaze bukan hanya menjadi ancaman bagi kapal perang di permukaan.

Lebih dari itu, USV kamikaze kini dapat menjadi ancaman langsung bagi wahana udara seperti helikopter dan pesawat udara. Dari analisa pada video, kuat dugaan dua rudal yang terpasang pada USV Ukraina adalah rudal R-73. Sejatinya R-73 (AA-11 Archer

Dalam kode NATO) adalah rudal udara ke udara jarak pendek dengan kemampuan menguber sumber panas dari sasaran. Namun, fungsinya telah diubah sebagai rudal permukaan ke udara.

BACA JUGA:AS Tuduh Rusia Langgar Larangan Senjata Kimia Global dalam Perang Ukraina

Analis persenjataan yang aktif sebagai penulis, HI Sutton, menyebut temuan rudal permukaan ke udara yang ada pada USV kamikaze Ukraina sebagai FrankenSAM (Surface to Air Missile).

USV kamikaze ini dipersenjatai dengan dua rudal R-73, kedua rudal tampak berada di rel tiang pesawat tempur, tetapi dipasang terbalik pada ketinggian tetap.

Pengaturan ini sederhana dan mudah, R-73 adalah rudal yang dipersiapkan untuk meladeni dogfighting pada era Soviet yang masih digunakan oleh Ukraina dan Rusia hingga saat ini.

Rudal ini memiliki jangkauan udara-ke-udara 30-40 km meskipun secara teoritis jangkauan permukaan ke udara adalah sekitar setengahnya.

BACA JUGA:Ukraina Dibikin Gelap Gulita, Pembangkit Listriknya Dihancurkan Rusia

HI Sutton menyebut, kinerja rudal sebenarnya akan dibatasi oleh sensor onboard, sehingga kemungkinan besar jauh jangkauannya lebih pendek. Meski begitu, rudal ini kemungkinan besar efektif sebagai rudal permukaan ke udara.

Meskipun USV kamikaze berhasil dihancurkan oleh helikopter, namun konsep USV FrankenSAM bisa berdampak pada taktik Rusia. Sampai saat ini USV hampir tidak berdaya melawan pesawat terbang, dan Rusia memiliki superioritas udara di sebagian besar wilayah Laut Hitam.

Meski begitu, USV mampu lolos dan mencetak sejumlah serangan signifikan terhadap kapal perang Rusia. Dengan penambahan pertahanan udara pada beberapa USV mungkin membuat mereka semakin sulit dilawan oleh Rusia.

Sebagai peninggalan Perang Dingin, R-73 pertama kali dikembangkan pada tahun 1973 oleh Vympel NPO. Dan setelah lewat serangkaian uji, R-73 mulai digunakan oleh Angkatan Udara Soviet pada tahun 1982.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: