Ukraina Dibikin Gelap Gulita, Pembangkit Listriknya Dihancurkan Rusia

Ukraina Dibikin Gelap Gulita, Pembangkit Listriknya Dihancurkan Rusia

Foto : Pemandangankota Ukraina malam hari.-Ukraina Dibikin Gelap Gulita, Pembangkit Listriknya Dihancurkan Rusia-Detik.com

PAGARALAMPOS.COM - Militer Rusia terus melancarkan serangan rudal penghancur ke berbagai fasilitas pembangkit listrik.

Kondisi ini membuat negara itu mengalami kondisi darurat energi hingga perlu melakukan pemadaman berkala alias 'mati lampu' di sejumlah daerah.

Melansir dari Reuters, Sabtu (27/4/2024), terbaru serangan rudal Rusia ini telah mengenai salah satu fasilitas pembangkit listrik milik perusahaan swasta DTEK. Serangan itu merusak sejumlah peralatan dan melukai setidaknya satu pekerja.

"Musuh (Rusia) kembali menembaki fasilitas energi Ukraina secara besar-besaran. Peralatan listrik perusahaan rusak parah. Saat ini, para pekerja sedang berusaha mengatasi dampak serangan tersebut," kata DTEK dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:Siap Tempur Dan Terlindungi, Rusia Tampilkan Ranpur BMP-3 dengan Proteksi ERA 4S24

Melalui aplikasi pesan Telegram, Menteri Energi Ukraina German Galushchenko mengatakan sejauh ini Rusia terus menargetkan wilayah-wilayah penghasil energi seperti Dnipropetrovsk di Ukraina tengah dan wilayah barat Lviv hingga Ivano-Frankivsk.

Di sisi lain, Komandan Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia telah melancarkan serangan gabungan menggunakan total 34 rudal jelajah dan balistik.

21 rudal di antaranya berhasil ditembak jatuh oleh pertahanan udara Ukraina dan sisanya jatuh menghancurkan sejumlah fasilitas pembangkit listrik mereka.

BACA JUGA:Rusia Gelar War Trophies di Moskow, Pajang Beragam Alutsista Negara Donatur Ukraina

Disebutkan sejak 22 Maret kemarin pasukan Rusia memang telah meningkatkan intensitas serangan mereka terhadap sektor listrik Ukraina. Para tentara itu menyerang pembangkit listrik tenaga panas dan air serta infrastruktur energi lainnya hampir setiap hari.

Akibatnya Ukraina telah kehilangan sekitar 80% pembangkit listrik tenaga panas mereka dan sekitar 35% kapasitas pembangkit listrik tenaga airnya. Kondisi ini juga memaksa negara itu untuk segera beralih ke impor listrik darurat.

Meskipun saat ini negara itu tengah memasuki musim semi sehingga keperluan energi tidak sebanyak saat musim dingin.

Namun Ukraina tetap mengalami defisit listrik dan pemerintah harus memberlakukan pemadaman listrik terjadwal di beberapa wilayah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: