Pembom B-1B Dibangkitkan dari Kuburannya di Boneyard

Pembom B-1B Dibangkitkan dari Kuburannya di Boneyard

Foto : Ilustrasi pesawat tempur.-Pembom B-1B Dibangkitkan dari Kuburannya di Boneyard-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Angkatan Udara AS (USAF) berhasil menghidupkan lagi satu pesawat pembom B-1B Lancer bernama “Lancelot” dari kuburannya di ‘Boneyard’ setelah disimpan selama beberapa tahun di gurun pasir yang tandus.

Pembom ini akan bergabung lagi dengan USAF untuk menggantikan B-1B lainnya yang mesinnya meledak di Pangkalan Angkatan Udara Dyess, Texas, pada bulan April 2022.

Dikutip laman airspace review, kecelakaan ini menyebabkan kerugian lebih dari 15 juta USD dan seorang penerbangnya menderita luka ringan, USAF melaporkan.

B-1 adalah pembom supersonik AS yang mampu membawa senjata konvensional. Pembom ini mulai dikirim ke USAF pada tahun 1985.

BACA JUGA:Pesawat Pembom Pangeran Diponegoro II Terbang dari Lanud Bugis, Persis Sejarah 78 Tahun Silam

USAF saat ini memiliki 45 pembom Lancer, berkurang dari persediaan aslinya yang berjumlah 100. Sebelumnya pada tahun 2021 USAF telah memensiunkan 17 unit Lancer.

Setelah USAF memutuskan bahwa perbaikan pembom yang terbakar akibat kecelakaan pada bulan April 2022 akan memakan biaya yang terlalu besar.

USAF kemudian memilih untuk membangkitkan lagi satu pesawat B-1B dari “Boneyard” di mana terdapat Grup Pemeliharaan dan Regenerasi Pesawat (AMARG) ke-309 di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan, Arizona – untuk melakukan perbaikan. penggantian.

Di gurun inilah pembom Lancelot dari Skadron Bom ke-34 di Ellsworth AFB, South Dakota tersebut berada setelah dipensiunkan pada 12 Maret 2021 lalu.

BACA JUGA:Begini Penampakan Desain Dan Fitur Pesawat Pembom Stealth B-21 Raider

Pesawat pembom yang sudah pensiun tersebut termasuk di antara empat B-1 di Boneyard yang berada dalam status tertinggi yang dipertahankan, kata Joseph Stupic, Pemimpin Material Senior di Kantor Program B-1 seperti diwartakan Air Force Times.

Dipilihnya Lancelot, lanjut dia, karena pesawat ini tidak memerlukan banyak pekerjaan untuk menghidupkannya lagi. Mengawetkan pesawat terbang dan bagian-bagiannya merupakan hal rutin bagi AMARG ke-309.

Terakhir kali USAF menghidupkan kembali Lancer yang sudah tidak berfungsi adalah 20 tahun lalu yaitu pada tahun 2004. USAF saat itu menghidupkan kembali tujuh pesawat B-1B setelah memensiunkan 33 B-1B di tahun sebelumnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: