Ditemukan Fosil tak Dikenal di Israel, Benarkah Nenek Moyang Manusia

Ditemukan Fosil tak Dikenal di Israel, Benarkah Nenek Moyang Manusia

PAGARALAMPOS.COM - Dua studi baru mengungkapkan bahwa sekelompok manusia purba yang sebelumnya tidak diketahui telah ditemukan di Israel.

Manusia purba ini mungkin telah hidup berdampingan bersama manusia modern dan Neanderthal, melakukan kawin silang dengan kedua kelompok, dan berbagi pengetahuan dan alat dengan mereka juga.

Fosil manusia purba itu baru ditemukan pada tahun 2010 di dekat kota Ramla di Israel tengah. Penemuan terjadi setelah adanya penggalian di area pertambangan pabrik semen Nesher dan lokasi penemuan itu kini dikenal sebagai situs prasejarah Nesher Ramla.

Setelah menggali sekitar 26 kaki atau 8 meter, para peneliti menemukan alat-alat batu dan tulang-tulang manusia. Mereka juga menemukan sejumlah besar tulang hewan, termasuk sisa-sisa kuda, rusa, dan hewan ternak yang sudah punah yang dikenal sebagai auroch.

BACA JUGA:Ilmuwan Temukan Fosil Telur Berisi Bayi Dinosaurus, Dikabarkan Jenis Oviraptor

Butuh lebih dari satu dekade bagi para ilmuwan untuk mencari tahu apa yang sedang mereka miliki itu.

"Orang-orang berpikir itu mudah untuk menganalisis fosil dengan cepat, tetapi itu membutuhkan banyak waktu," kata Israel Hershkovitz, ahli paleoantropologi dari Tel Aviv University yang menjadi penulis utama dalam salah satu dari dua laporan studi tentang penemuan itu. Dua studi tersebut telah terbit di jurnal Science pada 25 Juni 2021.


Foto : Ilustrasi, kehidupan manusia purba.-Ditemukan Fosil tak Dikenal di Israel, Benarkah Nenek Moyang Manusia-Globaltv

"Begitu Anda menemukan fosil, Anda harus membersihkannya dan merekonstruksinya dan kemudian mengumpulkan bahan yang sebanding di seluruh dunia untuk memahaminya dengan benar," jelas Hershkovitz, seperti dilansir Live Science.

Setelah semua pekerjaan itu, para peneliti mengidentifikasi tulang-tulang dari Nesher Ramla itu sebagai milik tipe baru Homo, atau anggota pohon keluarga manusia, yang sebelumnya tidak diketahui sains. Fosil manusia purba ini berusia sekitar 120.000 hingga 140.000 tahun.

BACA JUGA:Penelitian Hewan Paling Awal Hidup Ungkap Fosil Makanan Tertua Dunia. Ini Kata Arkeolog

Tulang-tulang manusia Nesher Ramla ini berbagi fitur yang mirip dengan Neanderthal, manusia purba yang hidup di Eropa, terutama pada bagian gigi dan rahang.

Namun manusia purba misterius ini memiliki tengkorak yang lebih mirip dengan garis keturunan manusia yang lebih kuno, catat para ilmuwan.

Spesies Homo jenis baru ini juga sangat berbeda dengan manusia moderen. Menusia purba ini memiliki struktur tengkorak yang sama sekali berbeda, tak memiliki dagu, tapi punya gigi-gigi yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: