Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui Program KUR, Kebijakan Pemerintah Indonesia di Tahun 2024

Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui Program KUR, Kebijakan Pemerintah Indonesia di Tahun 2024

Mendorong Pertumbuhan UMKM Melalui Program KUR, Kebijakan Pemerintah Indonesia di Tahun 2024--

PAGARALAMPOS.COM - Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pilar utama dalam perekonomian negara. 

Salah satu instrumen yang telah terbukti efektif dalam mendukung UMKM adalah Program Kredit Usaha Rakyat (KUR). 

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia melanjutkan langkah-langkah untuk memperkuat dan memperluas Program KUR, sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan inklusi keuangan, menggerakkan pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi disparitas ekonomi antar wilayah.

Pentingnya Program KUR dalam Mendukung UMKM

UMKM memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengurangi kemiskinan. 

BACA JUGA:Tips Agar Pengajuan KUR di Bank Cepat Cair, Ikuti Langkah Ini

Namun, mereka sering menghadapi tantangan dalam mengakses modal yang cukup untuk mengembangkan usaha mereka. 

Di sinilah pentingnya Program KUR yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan persyaratan yang mudah, sehingga membuka akses ke modal bagi UMKM yang sebelumnya sulit untuk memperoleh pembiayaan dari lembaga keuangan formal.

Perkembangan Program KUR di Tahun 2024

Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia mengumumkan serangkaian langkah untuk meningkatkan efektivitas dan cakupan Program KUR.

Salah satu langkah penting adalah peningkatan alokasi dana untuk Program KUR, yang mencerminkan komitmen pemerintah untuk mendukung UMKM. 

BACA JUGA:Meningkatkan Akses Pembiayaan Usaha: Daftar Bank Penyedia Program KUR 2024

Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

Menanggapi perkembangan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memberikan pernyataan, "Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk memperkuat UMKM sebagai motor penggerak ekonomi yang berkelanjutan. Melalui peningkatan dana untuk Program KUR, kami ingin memastikan bahwa UMKM memiliki akses yang lebih luas ke modal yang mereka butuhkan untuk berkembang dan bersaing di pasar global."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: