Satu Anggota OPM Serahkan Diri, Kembali dalam Kedaulatan RI

Satu Anggota OPM Serahkan Diri, Kembali dalam Kedaulatan RI

Foto : Anggota OPM yang menyerahkan diri.-Satu Anggota OPM Serahkan Diri, Kembali dalam Kedaulatan RI-Detik.com

PAGARALAMPOS.COM - Seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang melakukan penyerangan terhadap Pos Koramil Kisor Tahun 2021 telah menyerahkan diri. Anggota OPM ini merupakan DPO kasus penyerangan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh pihak TNI dalam siaran persnya, diotentifikasi oleh Penkogabwilhan III, diterima detikcom pada Jumat (26/4/2024).

Penyerangan Posramil Kisor tersebut dilakukan oleh OPM Kelompok Goliath Tabuni oleh sekitar 50 orang yang telah mengakibatkan 4 orang personel TNI-AD gugur.

Awalnya diterima informasi dari masyarakat bahwa ada 2 orang anggota OPM yang berada di Kampung Roma dan Kampung Tolak yang salah satunya dalam kondisi sakit atas nama Setam Same.

BACA JUGA:Lebih dari Setahun Pilot Susi Air Disandera TPNPB-OPM, Begini Penjelasan Kapuspen TNI

Selanjutnya Satgas Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS memerintahkan 2 Tim Mobile melaksanakan patroli pengintaian di Kampung Roma dan Kampung Tolak untuk mendapatkan keterangan terkait keberadaan dua orang anggota OPM tersebut.

Pada hari Rabu, tanggal 24 April 2024 pukul 06.00 WIT, salah satu anggota atas nama Setam Same menyerahkan diri mendatangi Kepala Distrik dan Kadis Pertanahan yang berdomisili di Kampung Kisor untuk mencari perlindungan.

Dan menyerahkan diri bergabung kembali ke dalam NKRI, namun satu orang anggata OPM atas nama Simon Fatemte melarikan diri kembali ke hutan.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangannya membenarkan atas penyerahan diri anggota OPM tersebut.

BACA JUGA:Koops Habema Lumpuhkan OPM, Menyerang Pos Paro, Dikabarkan 2 Komplotan Bersenjata Tertembak

"Iya benar, saat ini masih berada di Pos Kisor untuk diminta keterangan, selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk proses lebih lanjut," ujar Kapen.

"Sudah diberikan bantuan kesehatan akibat sakit yang diderita Setam Same oleh Dokter Satgas Pamtas kewilayahan Yonif 133/YS," lanjutnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: