Temuan Kuburan Massal, Bisakah Menjadi Bukti Kejahatan Perang Israel?

Temuan Kuburan Massal, Bisakah Menjadi Bukti Kejahatan Perang Israel?

Foto " Tampak pekerja melakukan penggalian kuburan massal korban perang.-Temuan Kuburan Massal, Bisakah Menjadi Bukti Kejahatan Perang Israel?-Indomiliter.com

 

PAGARALAMPOS.COM - Penemuan kuburan massal di dua rumah sakit di Gaza, yang menurut pihak berwenang Palestina menampung ratusan jenazah, telah memicu seruan kepala hak asasi manusia PBB dan pihak lainnya untuk melakukan penyelidikan internasional.

Meskipun tidak didefinisikan dalam hukum internasional, kuburan massal adalah situs pemakaman yang berisi banyak jenazah, yang keberadaannya penting dalam mendeteksi kemungkinan kejahatan perang.

Apa yang diketahui tentang kuburan massal yang ditemukan di Gaza?

Pihak berwenang Palestina mengatakan kuburan yang ditemukan di rumah sakit Nasser, fasilitas medis utama di Gaza tengah, berisi hampir 400 jenazah. Hal itu terungkap setelah pasukan Israel menarik diri dari kota Khan Younis.

BACA JUGA:Arkeolog Israel Tak Sengaja Memecahkan Temuan Telur Kuno 1.000 Tahun

Wartawan Reuters pada Senin melihat pekerja darurat menggali mayat dari tanah di reruntuhan rumah sakit Nasser.

Situs kuburan lainnya juga ditemukan oleh otoritas Palestina di rumah sakit Al Shifa di Gaza utara, yang menjadi sasaran operasi pasukan khusus Israel. Reuters telah memverifikasi rekaman penggalian kuburan di dekat rumah sakit sejak November.

Juru bicara PBB Ravina Shamdasani mengatakan pada Selasa bahwa penyelidikan diperlukan untuk memverifikasi jumlah jenazah, namun “jelas ada banyak jenazah yang ditemukan.”

"Tangan beberapa dari mereka terikat, yang tentu saja mengindikasikan pelanggaran hukum HAM internasional yang serius, dan ini perlu investigasi lebih lanjut,” kata Shamdasani, yang berbicara atas nama Komisioner Tinggi PBB untuk HAM, Volker Turk.

BACA JUGA:Tidak Main Main, Begini Kekuatan Senjata Iran yang Digunakan Saat Serang Israel

Mahkamah Pidana Internasional (ICJ) di Den Haag melakukan penyelidikan aktif terhadap serangan yang dilakukan militan Hamas pada 7 Oktober dan tanggapan militer Israel.

Kantor kejaksaan memiliki yurisdiksi di wilayah Palestina, namun belum memberikan komentar publik mengenai penemuan kuburan massal.

Di mana lagi kuburan massal ditemukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: