Artefak Kuno Erotika Timur Tengah Berusia 4.000 Tahun, Lebih Tua dari Kamasutra

Artefak Kuno Erotika Timur Tengah Berusia 4.000 Tahun, Lebih Tua dari Kamasutra

PAGARALAMPOS.COM - Barangkali selama ini museum dianggap sebagai tempat yang sunyi dan berdebu, dan sangat kecil kemungkinan untuk menemukan sesuatu yang menggairahkan.

Akan tetapi, di salah satu sudut di Museum Arkeologi Israel, di bagian koleksi Timur Dekat Kuno, dua plakat tembikar yang menggambarkan seni erotis yang langka.

Erotika tersebut berusia 4.000 tahun silam atau berasal dari awal milenium kedua sebelum masehi, periode Babilonia Kuno. Artinya, plakat itu dibuat 1.500 tahun sebelum Kamasutra, seni bercinta asal India.

Artefak ini menunjukan bahwa budaya Babilonia Kuno memiliki pandangan "mulia" tentang seks. Artefak ini sekaligus mengungkapkan sisi lain dari budaya timur dekat kuno yang bertolak belakang dengan nilai-nilai yang lazim di Timur Tengah modern saat ini.

BACA JUGA:Lukisan Bidadari di Dinding Benteng Kuno Sigiriya, Mitos Kota Para Dewa Srilangka

Timur dekat kuno adalah sebutan dalam dunia arkeologi yang merujuk pada sebutan peradaban awal di daerah Timur Tengah modern saat ini. Kawasannya meliputi Mesopotamia (Iraq dan timurlaut Syiria), Mesir Kuno, Iran kuno, Armenia, Anatolia (Turki), dan Levant (Lebanon, ISrael, Palestine, Jordan, Cyrpus dan Kreta).

Laura A. Peri, kurator Western Asiatic Antiquities mengatakan, erotika Mesopotamia adalah sesuatu yang benar-benar vulgar. "Tidak semuanya, Anda tahu, (posisi) misionaris dan hanya itu," kata Peri, seperti dilansir The Time of Israel.

Ukuran dua plakat tembikar itu cukup untuk dapat dipegang dengan telapak tangan. Plakat itu menggambarkan pasangan bersenggama dengan detail luar biasa.

Plakat pertama menggambarkan seorang pria yang melakukan penetrasi kepada seorang wanita dari belakang sambil berdiri.

BACA JUGA:Misteri Sigiriya, Benteng Kuno di Atas Batu Raksasa yang Menakjubkan

Yang kedua, sedikit lebih kecil, menggambarkan seorang pria dan wanita dalam posisi yang sama, namun dengan wanita yang sambil minum bir dari kendi menggunakan sedotan.

Menurut Julia Assante, seorang sejarawan sosial Timur Dekat, wanita yang minum bir di kendi menggunakan sedotan dan pria yang mengangkat secangkir anggur ke bibirnya adalah simbol dari melakukan seks pada pasangannya masing-masing.

Plakat terakota dari Mesopotamia tersebut menggambarkan banyak posisi seksual yang berbeda. Salah satu yang paling populer adalah apa yang disebut secara sains dalam bahasa Latin sebagai "coitus a tergo" atau dari belakang.


Foto : Artefak sejarah kuno erotika timur dalam bentuk plakat batu.-Artefak Kuno Erotika Timur Tengah Berusia 4.000 Tahun, Lebih Tua dari Kamasutra-National geographic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: