Mengenal Sisa-sisa Jejak Sejarah Kehidupan Masyarakat Kuno India

Mengenal Sisa-sisa Jejak Sejarah Kehidupan Masyarakat Kuno India

Mengenal Sisa-sisa Jejak Sejarah Kehidupan Masyarakat Kuno India -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Sejarah peradaban India Kuno menyimpan banyak kisah menarik dibaliknya.

Kata India berasal dari bahasa Persia yang berarti "Sungai Sindhu", sedangkan orang Yunani menyebutnya dengan kata "Indos".

Peradaban India Kuno adalah peradaban yang berada di sepanjang Sungai Indus dengan pusat di Kota Mohenjodaro dan Harappa. Peradaban ini diperkirakan telah ada sejak sekitar 2500 sebelum masehi.

Ketika itu, Kota Mohenjodaro dan Harappa sudah mempunyai tataan rapi. Penduduk dari peradaban tersebut adalah bangsa Dravida. Bangsa tersebut mempunyai ciri bertubuh pendek, rambut hitam keriting, kulit hitam, dan hidung pesek.

Pada masa lalu, Mohenjodaro menjadi salah satu pusat administrasi peradaban Lembah Sungai Indus. Tak hanya itu, kota ini juga menjadi kota yang berkembang pesat di Asia Selatan.

BACA JUGA:Sejarahnya Mirip Tembok Besar Riongkok, Begin Muasal Tembok Hadrian Peninggalan Romawi

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual Sunan Drajat, Keajaiban dan Peninggalan Bersejarah di Lamongan

India Kuno adalah anak benua India dari India prasejarah hingga abad pertengahan, umumnya berasal dari (ketika istilah ini masih digunakan) hingga akhir Kekaisaran Gupta sekitar tahun 500 Masehi.

Tergantung pada konteksnya, istilah-istilah India kuno mungkin termasuk. negara-negara modern seperti Bangladesh, India, Maladewa, Nepal, Pakistan  dan Sri Lanka, meskipun wilayah ini memiliki perbedaan budaya yang besar.

Manusia pertama datang ke India puluhan ribu tahun  lalu. Sekitar 9.000 tahun yang lalu, masyarakat mulai mengembangkan pertanian dengan menanam gandum.

Mereka juga memelihara hewan termasuk kambing, domba dan sapi. Sumber pangan baru ini meningkatkan populasi dan berarti hanya sebagian kecil masyarakat yang menghabiskan hari-harinya untuk memproduksi pangan; yang lain mungkin tertarik pada hal lain, termasuk kerajinan tangan, perkembangan teknologi, agama, dan peperangan.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Di antara perkembangan teknologi tersebut adalah penemuan metalurgi: sekarang, manusia dapat memproduksi perunggu untuk senjata dan peralatan.Oleh karena itu, kebangkitan pertanian menyebabkan spesialisasi dan kemajuan masyarakat manusia menjadi peradaban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: