Hizbullah Gunakan Almas 3, Rudal Anti Tank Menyerang Israel

Hizbullah Gunakan Almas 3, Rudal Anti Tank Menyerang Israel

Foto : Senjata Hisbullah-Hizbullah Gunakan Almas 3, Rudal Anti Tank Menyerang Israel-Indomiliter.cim

PAGARALAMPOS.COM - Selain rudal anti tank Kornet (Dehlavieh), debut rudal anti tank lain yang diharapkan ikut ambil bagian dalam perang di Gaza, Palestina, adalah rudal anti tank Almas (Diamond dalam Bahasa Persia).

Seperti halnya Dehlavieh, Almas juga diproduksi oleh Iran, namun lantaran kontrol ketat dari pasukan Israel di perbatasan, maka harapan penggunaan rudal Almas ada di tangan milisi Hizbullah yang berada di Lebanon.

Dan setelah beberapa lama dinanti, akhirnya rudal Almas yang sebelumnya terendus telah berada di tangan Hizbullah, maka dalam video yang beredar, diperlihatkan milisi Hizbullah meluncurkan rudal anti tank Almas-3 ke sebuah sasaran statis milik Israel Gunung Meron.

Yakni AN/TPQ-37, jenis weapon-locating radar atau radar firefinder yang berperan untuk mengetahui posisi arah posisi penembakan proyektil lawan.

BACA JUGA:Israel Dibikin Panik, Membabi Buta Gempur Hamas Dengan Lahav, Self Propelled MLRS Multi Kaliber

Belum diketahui persisi hasil dari serangan tersebut, meski ada analisa yang menyebut bahwa yang disasar adalah target palsu yang telah disiapkan Israel.

Menurut beberapa sumber, sejauh ini, setidaknya tiga varian rudal Almas telah digunakan oleh Hizbullah, seperti belum lama ini, satu peluncuran rudal Almas ditujukan ke lokasi militer Israel di wilayah perbatasan, dan peluncuran lainnya ditujukan ke kendaraan lapis baja Istrael di wilayah utara.

Rudal ini memiliki tiga versi, yakni Almas 1, Almas 2, dan Almas 3. Setiap versi menyajikan peningkatan dalam jangkauan rudal, hulu ledak, kinerja, dan sistem panduan.

Versi yang berbeda dilengkapi dengan hulu ledak anti-tank tandem canggih (advanced tandem anti-tank), yang memungkinkan penetrasi lapis baja yang dalam.

BACA JUGA:AM-50 Sayyad, Senapan Sniper Hamas Mampu Lumpuhkan Ranpur Lapis Baja Ringan

Berikut adalah jangkauan rudal yang diketahui:

• Almas 1: Hingga 4 km.

• Almas 2: Hingga 8 km.

• Almas 3: Hingga 16 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: