Cegah Fatalitas Lakalantas, Polri Ajak Ingatkan Pemudil Hal Ini Selama Arus Balik Lebaran 2024

Cegah Fatalitas Lakalantas, Polri Ajak Ingatkan Pemudil Hal Ini Selama Arus Balik Lebaran 2024

Foto : Kasubagsatgas Divhumas Polri Kombes Pol Harry.-Cegah Fatalitas Lakalantas, Polri Ajak Ingatkan Pemudil Hal Ini Selama Arus Balik Lebaran 2024-Humas Polri

JAKARATA, PAGARALAMOS.COM - Dalam menghadapi arus balik Lebaran tahun 2024, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berkendara dengan aman, mengutamakan kesehatan fisik, dan mematuhi aturan lalu lintas. Imbauan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang selama perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar berkendara dengan aman, memastikan kesehatan fisik dalam kondisi baik dan utamakan keselamatan pengemudi maupun penumpang,” kata kata Kasubsatgas Penmas Divhumas Polri, Kombes Pol. Harry Goldenhardt kepada wartawan, Selasa (16/4/2024).

Menurut Harry, pihaknya mengimbau kepada pengendara untuk memeriksa kondisi fisik dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan balik, kondisi sehat dan segar, serta kendaraan dalam kondisi prima.

“Selain itu, patuh terhadap rambu lalu lintas dan peraturan jalan serta mendapatkan informasi terkait arus balik dari petugas di lapangan sangat dianjurkan,” ujar Harry.

BACA JUGA:Patroli Tinjau Puncak Arus Balik Lebaran, Kakorlantas : Istirahat di Rest Area Jangan di Bahu Jalan

Dalam upaya menghindari kelelahan selama perjalanan, Polri menyarankan untuk tidak memaksakan diri dan beristirahat setiap 4 jam di rest area jalur tol atau keluar pada jalur arteri yang telah disediakan.

Polri juga menegaskan kesiapan mereka dalam melayani dan mengamankan seluruh pemudik untuk menciptakan keselamatan dan ketertiban lalu lintas yang baik.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk memastikan saldo uang elektronik tol mencukupi dan tidak berhenti atau beristirahat di bahu jalan yang dapat membahayakan diri sendiri dan pengemudi lainnya.

Polri juga mengajak untuk bersabar dan berdoa agar perjalanan dapat sampai dengan tujuan dengan selamat, serta menekankan pentingnya saling toleransi antar pengguna jalan.

BACA JUGA:Kakorlantas : Arus Balik Lebaran 2024 Hari Pertama Lancar

Dengan demikian, Polri berharap dengan kesadaran dan kerjasama dari seluruh pemudik, arus balik Lebaran tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pihak.

Sisi lain, dalam laporan terkait data kapal penyeberangan pada Operasi Ketupat 2024 pada Senin, 15 April 2024, terungkap bahwa jumlah kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni sebanyak 32 kapal dengan total 63 perjalanan.

“Jumlah penumpang yang menggunakan jalur ini mencapai 20.784 orang, sementara total kendaraan yang diangkut mencapai 4.297 unit,” kata Kasubsatgas Penmas Divhumas Polri, Kombes Pol. Harry Goldenhardt kepada wartawan, Selasa (16/4/2024).

Sementara itu, kata Harry, kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak juga mencapai jumlah yang sama, yakni 32 kapal dengan total 63 perjalanan. Namun, jumlah penumpang yang menggunakan jalur ini jauh lebih tinggi, mencapai 71.389 orang, dengan total kendaraan sebanyak 14.528 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: