Waspada Serangan Balasan Israel, Iran Gelar Jammer Canggih Kvant 1L222 Avtobaza ELINT System

Waspada Serangan Balasan Israel, Iran Gelar Jammer Canggih Kvant 1L222 Avtobaza ELINT System

Foto : Ranpur Istael.-Waspada Serangan Balasan Israel, Iran Gelar Jammer Canggih Kvant 1L222 Avtobaza ELINT System-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Iran menyadari bahwa cepat atau lambat akan ada serangan balasan dari Israel, selain menempatkan sistem pertahanan udara berbasis rudal di sekitar Teheran, maka sebelum serangan akbar Iran ditunaikan pada 13 April 2024.

Otoritas pertahanan udara Iran diketahui telah menggelar sistem jammer (electronic warfare) canggih buatan Rusia. Yang dimaksud adalah Kvant 1L222 Avtobaza Electronic Intelligence (ELINT) system.

Sepert dikutip defense-update.com yang merujuk informasi dari RIA Novosti, Rusia telah mengirim sejumlah sistem Kvant 1L222 Avtobaza Electronic Intelligence (ELINT) ke Iran pada bulan Oktober 2011.

Setiap sistem 1L222 mencakup sistem intersepsi sinyal ELINT pasif dan modul jamming yang mampu mengganggu radar udara termasuk radar pengendali tembakan (fire control radar), radar pelacak medan (terrain following radar) dan radar pemetaan darat (ground mapping radar) serta tautan data (data link) senjata (rudal).

BACA JUGA:Jika Terjadi Perang Terbuka, Begini Komposisi Rudal Jelajah, Balistik Antara Iran Dan Israel

Ditempatkan pada kontaimer di truk Ural 8×8, Kvant 1L222 beroperasi pada pita Ku dan X (rentang frekuensi 8-18 GHz) dan jangkauan efektifnya adalah 150 km dengan coverage 360 derajat, dan mampu memantau hingga 60 target secara bersamaan.

Beberapa laporan mengisyaratkan peran sistem Avtobaza terkait dengan jatuhnya drone stealth AS RQ-170 Sentinel oleh unit perang elektronik dan pertahanan udara Iran pada 4 Desember 2011.

Kvant 1L222 Avtobaza adalah sistem intelijen elektronik (ELINT) yang dikembangkan oleh KB Radar (KBP) Rusia. Sistem ini dirancang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak sinyal radar dari pesawat, kapal, dan sistem pertahanan udara lainnya.

Kvant 1L222 Avtobaza dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas radar lawan.

BACA JUGA:Israel Umumkan Sistem Hanud C-Dome, Berpredikat Combat Proven di Laut Merah

Termasuk lokasi, frekuensi, dan karakteristik sinyal, yang dapat membantu dalam mengidentifikasi ancaman dan selanjutnya memberikan respon pertahanan yang efektif.

Sistem ELINT menampilkan target yang diperoleh ke layar TV dengan data pencarian arah, koordinat sudut (azimuth dan elevasi), parameter sinyal radiasi (frekuensi pembawa, durasi, frekuensi pengulangan pulsa).

Dan klasifikasi jenis radar (memandang ke samping, pengendalian tembakan, low- radar kontrol penerbangan ketinggian).

Sistem kontrol jamming otomatis APUR (1L125M APUR) disalurkan dengan data target (nomor pita frekuensi sesuai dengan penetapan frekuensi sistem jamming, jenis radar pemancar dan koordinat sudutnya) melalui kabel pada jarak hingga 100 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: