Percaya Tidak, Segini Banyaknya Pekerja Membangun Piramida Agung Giza

Percaya Tidak, Segini Banyaknya Pekerja Membangun Piramida Agung Giza

BACA JUGA:Sudah Diramalkan Teknologi Masa Depan, Misteri Gambar Helikopter dalam Hieroglif Mesir Kuno

Namun bisa kita asumsikan bahwa rata-rata massa yang diangkat adalah 2,6 metrik ton per meter kubik, maka total massa yang diangkat adalah sekitar 6,75 juta metrik ton. Itu berarti energi potensial piramida itu sekitar 2,4 triliun joule.

Untuk mempertahankan laju metabolisme basalnya, seorang pria seberat 70 kilogram membutuhkan sekitar 7,5 megajoule sehari. Kerja keras akan meningkatkan angka itu setidaknya 30 persen.

Jadi, sekitar 20 persen dari kenaikan itu akan diubah menjadi pekerjaan yang bermanfaat, yang berjumlah sekitar 450 kilojoule per hari. Asumsi yang berbeda dimungkinkan, tetapi tidak akan ada perbedaan yang signifikan.

Membagi energi potensial piramida tersebut dengan 450 kilojoule menyiratkan bahwa dibutuhkan 5,3 juta hari kerja untuk menaikkan piramida.

BACA JUGA:Lezatnya Kakh, Kue Khas Asal Mesir Sejak Zaman Zaman Firaun, Sajiab Saat Idul Fitri

Jika satu tahun kerja terdiri dari 300 hari, itu berarti hampir 18.000 orang pekerja yang diperlukan dalam setahun kerja. Jika disebar selama 20 tahun, ini menyiratkan butuh tenaga kerja sekitar 900 orang.


Foto : Bangunan piramida di mesir.-Percaya Tidak, Segini Banyaknya Pekerja Membangun Piramida Agung Giza-National geographic

Jumlah pekerja yang sama mungkin diperlukan untuk menempatkan batu pada bangunan menanjak dan kemudian menghaluskan balok kelongsong karena banyak balok interior dalam piramida tersebut hanya dipotong secara kasar. Dan untuk memotong 2,6 juta meter kubik batu dalam 20 tahun.

Proyek tersebut membutuhkan sekitar 1.500 penambang yang bekerja 300 hari setahun dan memproduksi 0,25 meter kubik batu per kapita. Total keseluruhan tenaga kerja konstruksi akan menjadi sekitar 3.300 pekerja.

Bahkan jika kita menggandakan jumlah itu untuk memperhitungkan perancang, penyelenggara, dan pengawas dan untuk tenaga kerja yang dibutuhkan untuk transportasi, perbaikan perkakas.

BACA JUGA:Mengintip Perayaan Idul Fiitri Dimasa Kekaisaran Ottoman dan Mesir Kuno, Mengikis Tradisi Jahiliya

Juga pembangunan dan pemeliharaan perumahan di lokasi, serta pekerjaan memasak dan binatu, jumlah totalnya masih kurang dari 7.000 pekerja.

Selama masa pembangunan piramida, total populasi di Mesir pada akhir era Kerajaan Lama adalah 1,5 juta hingga 1,6 juta orang.

Dengan jumlah penduduk sebesar itu, jumlah tenaga kerja yang kurang dari 7.000 orang untuk membangun piramida tidak akan menjadi beban yang luar biasa pada perekonomian negara Mesir kuno tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: