Singapura Umumkan Full Operational Capability, Armada Helikopter H225M dan CH-47F Chinook Perkuat RSAF

Singapura Umumkan  Full Operational Capability, Armada Helikopter H225M dan CH-47F Chinook Perkuat RSAF

Foto : Armada helikopter angkatan udara singapura.-Singapura Umumkan Full Operational Capability, Armada Helikopter H225M Caracal Dan CH-47F Chinook Perkuat RSAF-Indomiliter.com

Penempatan Chinook di Australia memungkinkan bagi Singapura untuk memanfaatkan wilayah udara dan medan luas untuk pelatihan yang lebih realistis.

BACA JUGA:Estonia Terima Blue Spea, Rudal Anti Kapal Pesisir Generasi Kelima Rancangan Singapura dan Israel

Singapura pada tahun 2016, resmi memesan Chinook CH-47F dalam jumlah yang tak disebutkan. Meski tak disebutkan secara resmi, kabarnya Singapura mengorder delapan unit CH-47F.

CH-47F adalah varian terbaru dan termutakhir dari keluarga Chinook. CH-47F dikembangkan berdasarkan dari varian CH-47D, di CH-47F pihak Boeing mengadopsi tipe mesin baru, peningkatan kekuatan airframe, dan sistem avionik baru.

Dapur pacu CH-47F Chinook disokong dua mesin Honeywell T55-GA-714A turboshaft, yang tiap mesin dapat menghasilkan tenaga 4733 shp.

Dengan performa ini menjadikan CH-47F menjadi helikopter yang lebih cepat dibanding helikopter serbu dan helikopter angkut pada umumnya, dimana kecepatan maksimum CH-47F bisa sampai 300 km per jam.

BACA JUGA:Media Singapura Soroti Terkait Produk Israel, Negara Indonesia dan Malaysia Ikut-ikutan?

Full Operational Capability

Full Operational Capability (FOC) adalah istilah yang digunakan dalam konteks pengembangan sistem pertahanan atau militer untuk menunjukkan bahwa suatu sistem atau kapabilitas telah mencapai tingkat operasional penuh dan siap digunakan secara efektif dalam tugas-tugas operasional.

FOC biasanya mencakup pencapaian semua kemampuan yang direncanakan, penyelesaian semua uji coba dan sertifikasi, serta pemenuhan semua persyaratan operasional dan logistik yang diperlukan.

Dalam konteks pesawat atau helikopter yang dipesan oleh suatu negara atau organisasi militer, mencapai FOC berarti bahwa jumlah pesawat atau helikopter yang dipesan telah lengkap dan semuanya sudah siap digunakan secara operasional. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: