Makin Brutal, OPM Tembak Mati Danramil Aradide Papua

Makin Brutal, OPM Tembak Mati Danramil Aradide Papua

Foto : Kelompok OPM di Papua.-Makin Brutal, OPM Tembak Mati Danramil Aradide Papua-Tempo

PAGRALAMPOS.COM - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal Nugraha Gumilar, mengatakan, terbunuhnya Danramil 1703-04/Aradide Letda Inf Oktovianus Sogalrey merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka atau OPM.

Letda Inf Oktovianus Sogalrey diserang dan ditembak mati oleh pasukan OPM. Penembakan itu terjadi di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Papua Tengah, pada Kamis, 11 April 2024.

"Aksi keji OPM ini telah menciderai upaya untuk menciptakan perdamaian dan kedamaian serta percepatan pembangunan di Tanah Papua," kata Nugraha dalam keterangan resmi pada Jumat, 12 April 2024. 

Nugraha menjelaskan, kejadian ini bermula saat Sogalrey keluar dari Makoramil 1703-4/Aridide Rabu sore 10 April 2024. Namun sampai hari Kamis pagi 11 April 2024 dia belum kembali.

BACA JUGA:Teror OPM Makin Brutal, Bunuh 1 Warga dan Tembak 2 Warga Lainnya

Kemudian, anggota TNI melakukan pencarian dan Sogalrey ditemukan tergeletak meninggal di tengah jalan arah kampung Pasir Putih.

Evakuasi jenazah telah dilakukan dan pemulasaran jenazah telah dilakukan di RSUD Paniai. Selanjutnya, kata Nugraha, saat ini dalam perjalanan lewat jalur darat menuju Nabire untuk disemayamkan di rumah keluarga.

"Situasi saat ini di wilayah Paniai dalam situasi kondusif dan aparat keamanan TNI Polri melakukan pengejaran terhadap OPM pelaku biadab ini," kata Nugraha. 

BACA JUGA:OPM! Perjuangan Papua Merdeka dan Pemisahan dari Indonesia, Tenyata Ini Faktanya

Penjelasan TPNPB OPM soal Satu Anggota TNI yang Ditembak Mati OPM 

Komando Daerah Pertahanan (Kodap) XIII Kegepa Nipouda mengklaim telah menembak mati Danramil Paniai Letda Inf Oktovianus Sogalrey, Rabu. Markas Pusat Komnas TPNPB menerima laporan resmi dari Pimpinan TPNPB Kodap XIII Kegepa Nipouda Paniai pada Kamis, 11 April  2024.

Dengan tewasnya anggota TNI itu, manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB OPM mengklaim wilayah Paniai merupakan daerah konflik bersenjata.

BACA JUGA:OPM! Perjuangan Papua Merdeka dan Pemisahan dari Indonesia, Tenyata Ini Faktanya

Antara OPM dan TNI-Polri. TPNPB-OPM mengimbau kepada warga Indonesia segera meninggalkan wilayah Paniai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: