Fabricius Perangkat Lunak Cerdas Google, Mampukah Menerjemahkan Misteri Hieroglif Kuno

Fabricius Perangkat Lunak Cerdas Google, Mampukah Menerjemahkan Misteri Hieroglif Kuno

Foto : hieroglif mesir kuno-Fabricius Perangkat Lunak Cerdas Google, Mampukah Menerjemahkan Misteri Hieroglif Kuno-National geograohic

PAGARALAMPOS.COM - Perusahaan multinasional Google baru-baru ini merilis perangkat lunak Fabricius sebagai mesin pembelajaran cerdas untuk memecahkan kode hieroglif Mesir kuno.

Hieroglif atau "ukiran suci" merupakan simbol bergambar yang mewakili sistem penulisan. 

Merujuk pada Dailymail, Fabricius milik Google menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menguraikan simbol-simbol Mesir kuno.

Alat pembelajaran revolusioner ini dapat secara cepat dan akurat melakukan dekode pada hieroglif dengan hanya mengunggah file ke Google. 

BACA JUGA:Terkenal Megah Kuilnya, Seperti Apa Keunikan Rumah Rumah Dimasa Yunani Kuno

Fabricius dinamakan dan diluncurkan pada peringatan Juli 1799 M dari penemuan Batu Rosetta oleh tentara Prancis di Rosetta, sekitar 35 mil di sebelah timur Alexandria di Mesir.

Menurut laman Ancient Origins, Fabricius tersedia untuk akademisi dan lembaga penelitian dan semua orang yang tertarik untuk berkomunikasi dengan simbol-simbol Mesir.

Dengan Fabricius, siapa pun dapat belajar dan menulis dalam bahasa Mesir kuno dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Selain mendapat terjemahan hieroglif, perangkat lunak ini juga dapat dibagikan di berbagai platform media sosial. 

BACA JUGA:Masih Misteri, Ada Jejak Kaki Raksasa di Situs Arkeologi Ain Dara Suriah

Fabricius pada dasarnya menerjemahkan kode hieroglif Mesir dengan pembelajaran mesin berdasarkan teknologi Cloud AutoML dan AutoML Vision Google.

Alat daring ini memiliki tiga bagian utama: 'Belajar', 'Mainkan' dan 'Bekerja'. 

Dalam mode 'Pembelajaran' Fabricius, pengguna mengunggah gambar hieroglif ke platform pembelajaran mesin Google di mana komposisi geometrisnya secara instan dibandingkan dengan basis data lebih dari 800 simbol hieroglif yang berbeda.

BACA JUGA:Potensi Emas Murni 1 Juta Ton di Bengkulu, Peluang Emas Baru bagi Industri Pertambangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: