Ramses III: Firaun Agung Terakhir di Masa Peradaban Mesir Kuno

Ramses III: Firaun Agung Terakhir di Masa Peradaban Mesir Kuno

Ramses III: Firaun Agung Terakhir di Masa Peradaban Mesir Kuno-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM -  Selama sekitar tiga ribu tahun sejarah Mesir selama Periode Firaun, hanya segelintir dari beberapa ratus orang yang memerintah Mesir (atau sebagian Mesir) yang dapat dianggap sebagai raja yang benar-benar hebat. 

Dari jumlah tersebut, Ramses III, yang merupakan penguasa kedua Dinasti ke-20 Mesir , adalah firaun besar terakhir yang bertahta. 

Pemerintahannya merupakan masa kekacauan besar di seluruh Mediterania yang menyebabkan Perang Troya, jatuhnya Mycenae dan gelombang besar pengungsi dari seluruh wilayah yang menimbulkan kekacauan; bahkan menggulingkan beberapa kerajaan.

Ramses III adalah firaun kedua dari dinasti ke-20 pada masa Kerajaan Baru. Dia berkuasa ketika Mesir sedang mengalami kemunduran.

BACA JUGA:Mengulik Misteri dan Sejarah di Bangunnya Piramida Zaman Dahulu

BACA JUGA:Sudah Ada Sejak Romawi Kuno, Begini Sejarah Kamal Kanal Amsterdam

Namun, di bawah kepemimpinannya  selama 30 tahun, ia  memperlambat kemerosotan negara dalam banyak hal.

Salah satu solusinya adalah dengan mengalahkan Masyarakat Laut dan Libya, dan melaksanakan program pembangunan yang mengesankan.

Menurut Heather Reilly,  penulis dan sejarawan dunia kuno, setelah  pemerintahan Ramses III, kerajaan Mesir mengalami kekacauan akibat perselisihan internal dan ketidakmampuan Mesir  memanfaatkan inovasi teknologi besi pada Zaman Besi.

"Kematian Ramses menandai berakhirnya posisi Mesir yang makmur dan stabil, itulah sebabnya ia dikenal sebagai Firaun agung terakhir," kata Reilly.

BACA JUGA:Penemuan Bersejarah: Menggali Kebenaran di Balik Prasasti Usia 30.000 Tahun di Sacsayhuamán

BACA JUGA:Jejak Peradaban Romawi: Temuan Arsip dan Stempel Bersejarah di Turki

Ramses III Naik Takhta

Ramses III secara langsung menggantikan ayahnya, Setnakhte, dalam garis suksesi. Dia mengukuhkan kekuasaannya sebagai raja dengan mencontoh Ramses II yang Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: