Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Dukung Philippe Troussier Meski Dikalahkan

 Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Dukung Philippe Troussier Meski Dikalahkan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Dukung Philippe Troussier Meski Dikalahkan--

PAGARALAMPOS.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membuat banyak orang terkesan dengan sikapnya yang elegan dan berkelas terhadap Philippe Troussier, pelatih yang baru saja dipecat oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Pasalnya, meskipun berhasil membawa timnas Indonesia meraih dua kemenangan telak atas Vietnam, Shin Tae-yong menunjukkan solidaritas dan empati terhadap rekan sejawatnya yang mengalami nasib kurang baik.

Timnas Indonesia menunjukkan performa gemilang mereka di jeda internasional Maret 2024 dengan meraih kemenangan 1-0 di Jakarta dan 3-0 di Hanoi.

Kedua kemenangan ini tidak hanya memperkuat posisi Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, tetapi juga menjadi alasan VFF untuk memecat Troussier.

BACA JUGA:Malaysia Gratis, Indonesia? Diskon, Tidak Ada Tol Gratis Selama Lebaran dan Arus Balik

Setelah pertandingan di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa (26/3) malam WIB, VFF mengumumkan keputusan tegas mereka untuk memecat Troussier.

Namun, reaksi Shin Tae-yong terhadap keputusan ini justru menunjukkan kedewasaan dan empati yang luar biasa.

"Saya tidak ingin melukai pelatih lain. Siapa yang akan merasa baik setelah dipecat? Saya bisa menjadi seperti itu suatu hari nanti. Pelatih Troussier adalah seorang pria sejati dan pelatih yang hebat," kata Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, My Daily.

Pernyataan ini menunjukkan bahwa Shin Tae-yong memahami betul tantangan dan tekanan yang dihadapi oleh pelatih di level internasional.

BACA JUGA:Wujudkan Sumsel MAPAN 2045, Peluang Besar Sumsel sebagai Pelopor Pembangunan Hijau

Dia menyadari bahwa posisi sebagai pelatih timnas selalu penuh dengan risiko, dan bahwa dukungan dan solidaritas antar pelatih sangatlah penting.

Dua kemenangan atas Vietnam tersebut memang menjadi prestasi luar biasa bagi timnas Indonesia, yang kini semakin dekat dengan kelolosan ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, Shin Tae-yong tidak membiarkan keberhasilan ini membuatnya lupa akan pentingnya sikap sportif dan hormat terhadap lawan.

Sementara itu, Shin Tae-yong juga sudah mempersiapkan diri untuk tugas berikutnya bersama timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: