Mengapa Alam Membuat Waktu Terasa Lebih Lambat? Inilah Penjelasannya!

Mengapa Alam Membuat Waktu Terasa Lebih Lambat? Inilah Penjelasannya!

Ilustrasi pria sedang berada di Alam -Kolase by pagaralampos.com-Net

PAGARALAMPOS.COM - Apakah Anda pernah merasa bahwa waktu berjalan lebih lambat saat Anda berada di alam? Jika iya, Anda tidak sendirian. 

Dan menurut penelitian terbaru dalam bidang psikologi dan sains lingkungan, ada penjelasan ilmiah di balik perasaan ini.

Peneliti psikolog, Richardo Correia dari Universitas Turku di Finlandia, telah meneliti dampak lingkungan alamiah terhadap persepsi waktu manusia. 

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ketika orang berada di alam, mereka cenderung merasa waktu berjalan lebih lambat dan memiliki perasaan akan kelimpahan waktu. 

BACA JUGA:Di Balik Tirai Ritual, 5 Alasan Mengapa Dukun Tidak Menikmati Kekayaan Untuk Pribadi

Studi yang dilakukan oleh Correia membandingkan pengalaman orang-orang saat melakukan berbagai aktivitas di lingkungan perkotaan dan alam.

Dan secara konsisten menunjukkan bahwa orang-orang melaporkan perasaan ini.

Contohnya, seseorang mungkin merasa bahwa perjalanan di pedesaan terasa lebih lama daripada perjalanan dengan jarak yang sama di kota. 

Begitu pula, orang-orang cenderung melaporkan bahwa waktu berjalan lebih lambat saat mereka melakukan tugas-tugas di lingkungan alamiah dibandingkan dengan lingkungan perkotaan. 

BACA JUGA:Curug Tilu Leuwi Opat Tempat Wisata Alam Bandung, Cocok untuk Healing Bareng Keluarga

Ini menunjukkan bahwa alam memperlambat dan memperluas kesadaran manusia akan waktu.

Namun, pengaruh alam tidak hanya terbatas pada persepsi waktu saja.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam membantu mengalihkan fokus kita dari kekhawatiran saat ini ke kebutuhan masa depan.

Sehingga, alih-alih terjebak dalam tekanan tuntutan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: