Duta Besar Jepang Ungkap Peluang Kerja bagi Warga Indonesia di Tengah Krisis Tenaga Kerja Yang Serius

Duta Besar Jepang Ungkap Peluang Kerja bagi Warga Indonesia di Tengah Krisis Tenaga Kerja Yang Serius

Duta Besar Jepang Ungkap Peluang Kerja bagi Warga Indonesia di Tengah Krisis Tenaga Kerja Yang Serius--

PAGARALAMPOS.COM - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masaki Yasushi, mengungkapkan bahwa negaranya saat ini mengalami krisis tenaga kerja yang serius. 

Hal ini diungkapkannya dalam konferensi pers yang diadakan di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta Pusat.

“Jepang benar-benar menghadapi masalah kekurangan tenaga kerja. Kami sangat berterima kasih karena Indonesia sangat aman di berbagai sektor, dan kontribusi Anda sangat membantu perekonomian kami,” kata Masaki.

Perusahaan-perusahaan di Jepang saat ini menghadapi kekurangan tenaga kerja yang kronis, yang diperparah oleh meningkatnya jumlah tenaga kerja yang menua. 

BACA JUGA:Perkuat Konsolidasi dan Tanggulangi Isu Narkotika, Kerjasama Stakeholders dan Masyarakat

Sebagai respons, pada awal tahun 2023, pemerintah Jepang telah mengalokasikan dana sebesar ¥3,5 triliun untuk meningkatkan angka kelahiran dan mengatasi kekurangan tenaga kerja, seperti dilaporkan oleh The Japan Times pada Desember lalu.

Masaki menambahkan bahwa banyak warga Indonesia telah berangkat ke Jepang, mulai dari turis hingga pekerja terampil, yang bekerja di berbagai sektor seperti konstruksi, medis, pelayanan, hingga perikanan. 

“Pemerintah kami saat ini sedang berupaya memperluas sektor-sektor ini untuk menerima lebih banyak pekerja terampil,” ujarnya.

BACA JUGA:Ingin Cairkan Dana Darurat? Ini Cara Pinjam Uang di BPJS Ketenagakerjaan, Catat Syaratnya!

Menurut Masaki, Jepang sangat menyambut kedatangan warga Indonesia untuk bekerja di sana, yang dianggap menguntungkan bagi kedua belah pihak. 

“Setelah beberapa tahun pengalaman di Jepang, mereka akan kembali ke Indonesia dengan keahlian yang dapat berkontribusi terhadap perekonomian negara,” imbuhnya.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia berperan aktif dalam memfasilitasi kembalinya para pekerja terampil Indonesia dari Jepang untuk mencari pekerjaan lain di tanah air. 

BACA JUGA:Kerja Sama Antariksa Indonesia-India: Membuka Peluang di Sektor Luar Angkasa

Dengan banyaknya perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia, transisi ini diharapkan akan berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: