Menakjubkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Tersembunyi

Menakjubkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Tersembunyi

Foto : 7 Keajaiban Kuno-Menakjubkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Tersembunyi-Google.com

5. Kota Bertembok di Baku, Azerbaijan

Kota bertembok ini telah dihuni sejak zaman Paleolitikum. Hingga saat ini, kota yang disebut Icheri Sheher masih mempertahankan sebagian besar tembok pertahanannya dari abad ke-12.

BACA JUGA:Terdengar Aneh! Inilah 5 Keajaiban Dunia Baru, Apa Saja?

Menurut UNESCO, terdapat banyak monumen arsitektur bersejarah dari abad pertengahan di Icheri Sheher. Misalnya karavan, rumah pemandian, masjid, dan bangunan tempat tinggal dari abad ke-18 hingga ke-20.

Meski sarat dengan peninggalan masa lalu, Icheri Sheher masih merupakan kota yang hidup dan ramai. Kota ini dikelilingi area pemukiman yang menjadi tempat tinggal masyarakat setempat.

6. Gobekli Tepe di Turki


Foto : Gobekli Tape-Menakjubkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Tersembunyi-Google.com

Situs terdiri dari ruangan persegi panjang, lingkaran batu, dan puluhan pilar batu kapur berbentuk huruf T. Sebagian besar pilar diukir dengan simbol abstrak dan gambar binatang seperti singa, ular, dan kalajengking.

Göbekli Tepe dibangun pada milenium kesembilan atau kesepuluh sebelum Masehi. Artinya tempat ini dibangun sebelum penggunaan tembikar dan perkakas logam. Peneliti yakin situs yang berdiri 6.500 tahun sebelum Piramida Giza ini berfungsi sebagai tempat religius.

BACA JUGA:Misteri Terpecahkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Jarang Diketahui

7. Newgrange di Irlandia


Foto : Newgrange-Menakjubkan, 7 Keajaiban Dunia Kuno yang Tersembunyi-Google.com

Newgrange, sering disebut Stonehenge, adalah situs kuno milik Irlandia. Newgrange adalah monumen berbentuk kubah yang dibangun sekitar 3200 SM. Situs ini dibangun penduduk Neolitikum di daerah yang kini disebut County Meath.

Monumen setinggi 249 kaki atau 76 meter ini adalah makam berlorong sepanjang 62 kaki atau 19 meter. Lorong ini memberi jalan ke ruang tengah tersembunyi.

Berupa cekungan batu berisi tulang yang dikremasi. Makam ini adalah tempat terakhir bagi mereka yang dihormati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: