Proyek Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 di Riau Mendekati Penyelesaian

Proyek Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 di Riau Mendekati Penyelesaian

Proyek Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 di Riau Mendekati Penyelesaian--

PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan PT Hutama Karya (Persero) telah memasuki tahap akhir pembangunan Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai). 

Proyek ini, yang menjadi bagian integral dari Jalan Tol Trans Sumatera, telah mencapai kemajuan signifikan sebesar 88,58% dan diharapkan akan selesai pada Desember 2023.

Ruas tol sepanjang 24,7 kilometer ini dibangun di atas lembah, menjanjikan pemandangan alam yang memesona dan akan dilengkapi dengan jembatan layang yang memukau. 

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau, T Juliansyah, menyatakan bahwa tol ini diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, terutama di kawasan pintu masuk dan keluar tol.

BACA JUGA:Pemudik Harus Tau, 4 Jalan Tol Fungsional Dibuka Gratis saat Mudik 2024

Dalam proses pembangunan, Komisi V DPR RI telah secara aktif mendorong agar pembangunan berjalan lancar dan meminimalkan kendala. 

“Alhamdulillah lahannya di Riau bisa bebas lebih cepat, sehingga konstruksinya juga bisa dipercepat,” ujar T Juliansyah dalam keterangannya.

Muhammad Iqbal, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, saat kunjungannya di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, mengapresiasi kualitas pekerjaan yang telah dilakukan. 

BACA JUGA:Terharu Banget! Sepasang Lansia Ini Nekad Jalan Kaki Di Jalan Tol Cisumdawu Demi Jenguk Cucu

"Saya kira pekerjaannya bagus, diharapkan dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sebagai sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat," terangnya.

Pembangunan tol ini dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya Infrastruktur dengan biaya investasi mencapai Rp 4 Triliun. 

Hadir dalam kesempatan yang sama adalah Johannes Wahyu Kusumosusanto, Boby Ali Azhari, Sahril, Abdul Halil Kastella, Zubaidi, dan Fani Dhuha, yang turut menyaksikan kemajuan proyek ini.

BACA JUGA:Alami Kenaikan, Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo di Lewati Ribuan Kendaraan

Proyek ini diharapkan tidak hanya meningkatkan konektivitas antarprovinsi, tetapi juga memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan aksesibilitas dan mobilitas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: