Melihat Masjid Tua Peninggalan Zaman Awal Islam di Israel, Ternyata Sudah Menghadap Ka'bah

Melihat Masjid Tua Peninggalan Zaman Awal Islam di Israel, Ternyata Sudah Menghadap Ka'bah

PAGARALAMPOS.COM - Reruntuhan Masjid Zaman Awal Islam Ditemukan di Israel, Sudah Hadap Ka'bah. Temuan Masjid kuno di Israel diketahui adalah Masjid tertua kedua yang berasal dari abad ke-7.

Ketika Islam baru mulai menyebar di wilayah tersebut. (Tiga tahun setelah menemukan salah satu masjid tertua di dunia di Israel selatan, pada 2019 tim arkeolog menemukan masjid lainnya di kota yang sama..

Israel Antiquities Authority (IAA) pada Juni 2019 mengumumkan kedua masjid itu ditemukan selama tahap penggalian arkeologi di Kota Badui Rahat, Negev utara.

Penggalian dipimpin oleh Oren Shmueli, Dr Elena Kogan-Zehavi, dan Dr Noe David Michael atas nama IAA.

BACA JUGA:Buktikan Sejarah Islam! Arkeolog Yordania Temukan Gua Ashabul Kahfi Seperti dalam Al-Qur'an

Kedua masjid tersebut berusia sekitar 1.200 tahun, meskipun penanggalan yang tepat cukup menantang dilakukan dalam situasi tersebut.

Masjid itu berada beberapa ratus meter dari reruntuhan sebuah rumah megah yang tampaknya milik orang Kristen Bizantium kaya raya.

"Yang unik dari masjid ini adalah menjamurnya keramik abad ke-7 di situs tersebut, menjadikannya salah satu masjid paling awal di dunia," kata arkeolog Elena Kogan-Zehavi, dikutip dari Haaretz dilansir Rabu (20/3/2024).

Menghadap ke Arah Makkah


Foto : Reruntuhan masjid yang ditemukan di Israel.-Melihat Masjid Tua Peninggalan Zaman Awal Islam di Israel, Ternyata Sudah Menghadap Ka bah-Google.com

Meskipun penaklukan Arab atas Makkah terjadi pada tahun 636, Islam baru menjadi agama mayoritas pada abad ke-9.

BACA JUGA:Salahuddin Al-Ayyubi: Pemimpin Legendaris dalam Sejarah Islam yang Dirindukan Palestina

"Sepasang masjid di pedesaan kecil ini adalah kunci dalam melukiskan gambaran penyebaran Islam di akhir era Bizantium, awal Islam awal di Tanah Suci," kata Kogan-Zehavi.

Kedua temuan aula tersebut diidentifikasi sebagai masjid karena elemen strukturalnya, yaitu ruang persegi dan dinding yang menghadap ke arah kiblat di Makkah yang merupakan kota suci umat Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: