Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru

Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru

Foto : Reruntuhan benteng.-Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru-Google.com

Dunia modern baru menyadari keberadaan situs megah ini sampai awal abad ke-20 ketika ditemukan kembali oleh arkeolog Amerika Hiram Bingham pada tahun 1911 dan kemudian digali.

BACA JUGA:Misteri Sigiriya, Benteng Kuno di Atas Batu Raksasa yang Menakjubkan

Selama ini, Machu Picchu dipercaya secara luas dibangun sebagai perkebunan untuk Kaisar Pachacuti, seorang tokoh penting dalam kisah Inca.


Foto : Reruntuhan benteng.-Misteri Umur Benteng Machu Picchu di Peru-Google.com

Sebagai penguasa yang ambisius dan terkenal, ia menaklukkan sejumlah besar wilayah di sekitar Peru saat ini, membuka jalan bagi kekaisaran Inca untuk tumbuh melintasi pantai barat Amerika Selatan hingga penaklukan Spanyol dari tahun 1532 M.

Mengingat bahwa Machu Picchu tampaknya telah ada 20 tahun sebelum perkiraan umum, hal itu juga menunjukkan bahwa kerangka waktu kita tentang aturan Pachacuti mungkin juga tidak berlaku.

Pada akhirnya, temuan ini menantang apakah kita harus mempercayai mentah-mentah catatan penjajah Spanyol untuk menyatukan kisah era Pra-Columbus.

BACA JUGA:Lukisan Bidadari di Dinding Benteng Kuno Sigiriya, Mitos Kota Para Dewa Srilangka

Hasilnya menunjukkan bahwa diskusi tentang perkembangan kerajaan Inca yang didasarkan terutama pada catatan kolonial memerlukan revisi.

"Metode radiokarbon modern memberikan dasar yang lebih baik untuk memahami kronologi Inca daripada catatan sejarah yang kontradiktif," tutup Profesor Burger. (*)

 

 

Artikel ini tayang di laman, https://inet.detik.com/science/d-5669924/misteri-umur-benteng-machu-picchu-di-peru/amp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: