Fujian Tulou, Jejak Benteng Kekaisaran Tiongkok, Hunian Komunal Miliki 400 Hunian Kamar

Fujian Tulou, Jejak Benteng Kekaisaran Tiongkok, Hunian Komunal Miliki 400 Hunian Kamar

Foto : Benteng Fujian Tulou.-Fujian Tulou, Jejak Benteng Kekaisaran Tiongkok, Hunian Komunal Miliki 400 Hunian Kamar-Google.com

Bangunan yang dulunya menampung ribuan orang, kini hanya menjadi rumah bagi beberapa lusin penduduk tetap. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua.

Pada tahun 2008, 46 tulou diberi status Warisan Dunia oleh UNESCO. Masuknya pariwisata turut menjaga kelangsungan warisan penting ini. Selain itu, pariwisata juga mendukung bisnis lokal dan memungkinkan Fujian Tulou untuk tetap “hidup” dan berfungsi.

Fujian Tulou tersebar di Kabupaten Nanjing dan Kabupaten Yongding di Provinsi Fujian. Dari Xiamen, Anda bisa menggunakan bus atau kereta api untuk mencapai Fujian Tulou.

Dengan bus, ada jalur langsung ke Kota Hukeng di Kabupaten Yongding. Stasiun kereta api terdekat adalah Stasiun Yongding, di mana terdapat minibus yang langsung menuju ke lokasi.

BACA JUGA:Eksplorasi Budaya Tiongkok, 4 Tempat Wisata Seru di Bogor untuk Liburan Imlek

Sebagian besar pengunjung mengalokasikan setengah hari untuk mengelilingi satu bangunan. Untuk mendapatkan pengalaman unik, wisatawan bisa mencoba tinggal di Fujian Tulou

Beberapa Fujian Tulou bahkan menawarkan penginapan. Di sana Anda bisa merasakan tinggal di bangunan unik tersebut sambil menikmati kelezatan masakan khas Hakka.

Fujian memiliki fluktuasi suhu sedang dan dapat dikunjungi sepanjang tahun. Maret sampai Agustus adalah musim hujan dan topan cenderung terjadi menjelang paruh kedua musim panas.

September hingga Desember adalah musim kemarau, yang umumnya merupakan waktu terbaik untuk berkunjung.

BACA JUGA:Ekspedisi Laksamana Muslim Cheng Ho ke Nusantara, Bersama 27.000 Pelaut dalam Perang Saudara Majapahit

Karena bentuknya yang besar, bulat, dan berkelompok, gambar satelit Fujian Tulou menimbulkan spekulasi selama Perang Dingin. Negara-negara Barat mengira Fujian Tulou sebagai silo rudal nuklir Tiongkok.

Didesain dan dibangun sedemikian rupa, Fujian Tulou tidak hanya berfungsi sebagai permukiman komunal tapi juga benteng yang melindungi penduduknya. (*)

 

https://nationalgeographic.grid.id/read/133776768/fujian-tulou-hunian-komunal-dan-benteng-unik-di-kekaisaran-tiongkok

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: