Dibalik Keindahannya! Inilah 6 Fakta Menarik Gunung Dempo yang Harus Kamu Tau!

Dibalik Keindahannya! Inilah 6 Fakta Menarik Gunung Dempo yang Harus Kamu Tau!

Dibalik Keindahannya! Inilah 6 Fakta Menarik Gunung Dempo yang Harus Kamu Tau! -Foto: net-

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Klenteng Tertua di Semarang, Indonesia? Sam Poo Kong!

Puncak ini merupakan tujuan populer bagi klub pendakian gunung pelajar dari Palembang, terbukti dengan banyaknya sampah dan coretan di lereng, dan terdapat jalur yang sudah usang serta meskipun tidak mudah menuju puncaknya.

Pedesaan di sekitar Pagaralam sangat menarik. Ada beberapa desa tradisional, dan sejumlah besar ukiran megalit dan makam batu, yang secara aneh mengingatkan kita pada monumen Zaman Perunggu di Pinggiran Celtic Eropa. 

5. Cara Mencapai Gunung Dempo

Untuk mencapai lokasi, dari terminal Pagar Alam terlebih dulu mencarter mobil/taksi jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero yang jaraknya mencapai 8 km dari terminal. 

Mobil carteran akan tiba ke desa terdekat dari puncak gunung Dempo bernama Kampung 4 yang dapat memakan waktu lebih dari 20 menit karena jalannya cukup terjal dan berkelok melewati hamparan kebun teh hijau. Dari sana, proses pendakian dapat dimulai.

BACA JUGA:Mengulik Sejarah Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong, Semarang, Indonesia

BACA JUGA:Tetap Berdiri Kokoh! Inilah Sejarah Berdirinya Benteng Pendem Ambarawa

Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak orang yang sengaja naik ke puncak utuk mencari kayu atau sekadar berhiking. 

Wisatawan yang sengaja menyambangi pintu pendakian dengan hanya untuk berwisata di lerang gunung Dempo.

6. Puncaknya Tempat Bersemayam Arwah Leluhur

Dempo mendominasi wilayah Pagaralam. Menurut kepercayaan tradisional, puncaknya adalah wadah bagi arwah leluhur yang telah meninggal, yang diperintah oleh dewa sakti bernama Puyang Raja Nyawe. 

Pengorbanan hewan dilaporkan masih dilakukan sesekali di gunung, dan para pendaki disarankan untuk berperilaku terbaik saat mendaki.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: