Mau Tau Jalan Terpanjang di Dunia, Ternyata Ada di Amerika, Asia, atau Australia

Mau Tau Jalan Terpanjang di Dunia, Ternyata Ada di Amerika, Asia, atau Australia

Namun hal ini ditentang keras oleh para pemerhati lingkungan yang berargumentasi bahwa hal ini akan menimbulkan bencana bagi keanekaragaman hayati dan masyarakat adat di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Wisata Unik di Toraja, Ada Jejak Sejarah dan Budaya Yang Mengagumkan

Terlebih lagi, wilayah ini sering dikunjungi oleh milisi bersenjata, geng berbahaya, dan pengedar narkoba. Jadi, Darién Gap adalah tempat yang sangat berbahaya untuk diseberangi.

Terlepas dari gap atau celah jalan ini, Pan-American Highway masih memegang Guinness World Record untuk “jalan terpanjang yang dapat dilalui kendaraan bermotor”.

Pesaing yang layak untuk meraih gelar tersebut adalah Asian Highway 1 (AH1), rute terpanjang dari Jaringan Jalan Raya Asia yang membentang sepanjang 20.557 kilometer dari ibu kota Jepang, Tokyo.

Juga menghubungkan ke perbatasan Turki-Bulgaria, melewati Korea, Tiongkok, Asia Tenggara, Bangladesh, India, Pakistan, dan Iran.

BACA JUGA:Wah Era Jokowi Bakal Segera Berakhir, Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Apa Kabar Ya?

Namun, sekali lagi, Anda mungkin akan menyadari bahwa hal ini juga tidak berkelanjutan. Laut sepanjang lebih dari 942 kilometer memisahkan Jepang dan Korea Selatan.

Selain itu, juga tidak mungkin bagi sebagian besar warga sipil untuk melintasi Zona Demiliterisasi yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara.

Highway 1 Australia bisa dibilang merupakan jalan terpanjang yang dapat dilalui sepenuhnya dan jalan nasional terpanjang, mengelilingi tepi luar seluruh pulau sepanjang sekitar 14.500 kilometer. Jalan ini memegang Guinness World Record untuk "Jalan terpanjang yang berkelanjutan".

BACA JUGA:Masyaallah! Ini Identitas Kakek dan Nenek yang Nekat Jalan Kaki di Jalan Tol Cisumdawu Demi Temui Cucu

Sekelompok orang yang disebut tim "Highway 1 to Hell" memecahkan rekor menyelesaikan rute ini beberapa tahun yang lalu. Mereka mengelilingi seluruh Australia lewat jalan ini dalam 5 hari, 13 jam, dan 43 menit.

Dengan kata lain, jawaban atas “Apa Jalan Terpanjang di Dunia?” bisa berbeda-beda. Jawabannya mungkin tergantung kepada siapa Anda bertanya dan seberapa besar toleransi mereka terhadap gap besar di jalan yang seharusnya terus-menerus.(*)

 

https://nationalgeographic.grid.id/read/134038188/jalan-terpanjang-di-dunia-ada-di-amerika-asia-atau-australia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: