Mau Tau Jalan Terpanjang di Dunia, Ternyata Ada di Amerika, Asia, atau Australia

Mau Tau Jalan Terpanjang di Dunia, Ternyata Ada di Amerika, Asia, atau Australia

PAGARALAMPOS.COM - Menurut buku rekor, Pan-American Highway adalah jalan terpanjang di dunia. jalan ini membentang sekitar 30.000 kilometer dari Alaska hingga ujung selatan Argentina. Namun, beberapa orang mungkin akan mempermasalahkan pernyataan rekor tersebut.

Visi Pan-American Highway pertama kali diusulkan pada tahun 1923 oleh Amerika Serikat. Meskipun hal ini dianggap sebagai upaya persaudaraan dan idealis untuk mengikat negara-negara yang berjauha.

Beberapa orang berpendapat bahwa hal ini pada dasarnya adalah sebuah taktik untuk meningkatkan penjualan mobil buatan AS dan ekspor lainnya ke Amerika Latin.

Pada tahun 1924, para pejabat AS mengundang 37 delegasi dari Amerika Latin ke Washington DC untuk mendengarkan promosi penjualan mereka dan, setelah perselisihan selama bertahun-tahun, sebuah kesepakatan tercapai.

BACA JUGA:Begini Keunikan 6 Ekowisata di Indonesia, Ada Satwa Langka Terancam Punah 2050 Nanti

Konvensi Pan-American Highway ditandatangani pada tahun 1937 oleh Argentina, Bolivia, Kanada, Chili, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador,

Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, Panama, Peru, dan Amerika Serikat.


Foto : Jalan terpanjang di dunia.-Mau Tau Jalan Terpanjang di Dunia, Ternyata Ada di Amerika, Asia, atau Australia-National graphic

Namun kemajuannya tidak cepat. Pada awal tahun 1970-an, Presiden Nixon sesumbar bahwa jalan raya besar yang melintasi benua akan segera selesai, tetapi kenyataannya masih banyak kesenjangan dan jalan buntu.

Faktanya, bahkan saat ini, Pan-American Highway belum sepenuhnya terhubung dan Anda tidak dapat berkendara sepenuhnya.

BACA JUGA:Situs Megalitik Tutari, Destinasi Wisata Unik di Pinggiran Danau Sentani

Bagian jalan yang terputus dapat ditemukan di Darién Gap, sebidang tanah tipis sepanjang 160 kilometer yang menghubungkan Panama dengan Kolombia.

Diselimuti hutan lebat dan hujan musiman, tidak ada jalan sama sekali yang melewati Darién Gap. Bahkan jalan tanah pun tidak.

Ada dorongan untuk membangun Pan-American Highway melewati bagian Darién Gap ini pada tahun 1970-an, yang mana AS berjanji akan mendanai sebagian besar pembangunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: