Akan Terjadi di Bulan Ramadhan! Mungkinkah 2 Gerhana ini Akan Menjadi Tanda Akhir Zaman?

Akan Terjadi di Bulan Ramadhan! Mungkinkah 2 Gerhana ini Akan Menjadi Tanda Akhir Zaman?

Akan Terjadi di Bulan Ramadhan! Mungkinkah 2 Gerhana ini Akan Menjadi Tanda Akhir Zaman?--

PAGARALAMPOS.COM - Bulan Ramadhan tahun ini menjadi momen istimewa dengan hadirnya peristiwa astronomi langka, yaitu dua gerhana yang diprediksi akan terjadi di dekatnya. 

Pertama adalah gerhana bulan, diikuti oleh gerhana matahari. Dua gerhana yang diproyeksikan akan terjadi pada bulan Ramadhan 1445 H, yaitu gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret 2024, dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024.

Namun perlu dicatat bahwa fenomena astronomi ini tidak mencakup wilayah Indonesia, seperti yang dikutip dari laman brin.go.id. 

Meskipun demikian, dalam Islam, gerhana bukanlah sekadar peristiwa astronomi biasa. Gerhana dianggap sebagai bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. 

BACA JUGA:Banyak Ilmuwan Menyebutkan Hewan Ini Pasti Hidup Hingga Kiamat Tiba, Apakah Itu?

Peristiwa ini memiliki makna spiritual yang mendalam bagi umat Islam.

Dalam perspektif Islam, gerhana juga merupakan salah satu tanda berhenti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

Dalam hadis tersebut, Rasulullah menyebutkan sepuluh tanda berhenti, di antaranya adalah munculnya tiga kali gerhana di berbagai tempat. 

Gerhana bulan dan gerhana matahari yang terjadi dalam bulan Ramadhan ini mencerminkan salah satu dari tanda-tanda tersebut.

BACA JUGA:Apa Yang Terjadi Setelah Kemunculan Dukhan? Inilah Penjelasan Al-Qur'an Tentang Tanda Kiamat

Hadis tersebut menjelaskan bahwa munculnya tiga gerhana merupakan tanda-tanda berhenti yang semakin dekat. 

Selain itu, gerhana juga dianggap sebagai fenomena alam yang merupakan bukti konkret dari kekuasaan Allah SWT.

Namun, terkait dengan ramalan bahwa pembukaan penghentian akan terjadi pada bulan Ramadhan, perlu dilakukan penelitian dengan kritis dari mana sumber kesimpulan tersebut berasal. 

Sebuah ramalan pada Ramadhan 2020 menyebutkan bahwa bulan tersebut akan menjadi awal dari kekacauan di bulan-bulan berikutnya, mengingat dimulainya Ramadhan pada hari Jumat dan tanggal lima belas Ramadhan juga bertepatan dengan hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: