Banyak Ilmuwan Menyebutkan Hewan Ini Pasti Hidup Hingga Kiamat Tiba, Apakah Itu?

Banyak Ilmuwan Menyebutkan Hewan Ini Pasti Hidup Hingga Kiamat Tiba, Apakah Itu?

tardigrada--

PAGARALAMPOS.COM - Tardigrade, dikenal juga sebagai "beruang air," adalah makhluk mikroskopis yang mempesona dan mungkin salah satu makhluk paling menakjubkan di planet ini.

Meskipun ukurannya sangat kecil, kehidupan dan kemampuan bertahannya sangatlah besar dan luar biasa. Keunikan tardigrade tidak hanya terletak pada ukurannya yang kecil. Dewasa hanya seukuran 1,5 mm, sementara yang terkecil hanya 0,1 mm.

Namun, jangan anggap remeh keberadaannya, karena meskipun kecil, mereka memiliki tubuh yang gemuk dengan delapan kaki pendek dan kepala yang dapat ditarik.

Setiap kaki dilengkapi dengan cakar atau cakram hisap, memungkinkan mereka bergerak dengan lincah di berbagai lingkungan.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Wisata di Ancol Jakarta yang Pas Dikunjungi Saat Bulan Puasa

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Wisata di Aceh yang Miliki Keindahan Menakjubkan

Yang membuat tardigrade benar-benar menakjubkan adalah kemampuannya untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem. Mereka dapat hidup dalam suhu ekstrem, mulai dari 150 derajat Celsius hingga minus 272 derajat Celsius, serta di lingkungan dengan tekanan tinggi dan bahkan di luar angkasa. Bahkan tanpa makanan dan air selama 30 tahun, mereka tetap dapat bertahan hidup.

Tidak hanya itu, tardigrade juga memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam kondisi yang disebut kriptobiosis.

Dalam kondisi ini, mereka memperlambat metabolisme mereka hingga terhenti dan bisa bertahan hidup dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun. Namun, saat mereka terkena air lagi, mereka bisa hidup kembali dalam hitungan jam.

Namun, kehebatan tardigrade tidak berhenti di situ. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tardigrade mungkin memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di planet lain.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Wisata Pantai Cantik yang Ada di NTB

BACA JUGA:Sidoarjo Mempesona! Inilah 7 Tempat Wisata Hits yang Wajib Dikunjungi!

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Astrobiology menunjukkan bahwa tardigrade dapat bertahan hidup di Mars selama periode yang singkat.

Temuan ini membuka kemungkinan bahwa kehidupan mikroskopis seperti tardigrade mungkin dapat mengkolonisasi planet lain di tata surya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: