Geger! Ilmuwan Ungkap Penemuan Gunung Berapi Raksasa di Mars Buka Peluang Penelitian Kehidupan Alien--

PAGARALAMPOS.COM - Para ilmuwan telah membuat penemuan yang menggemparkan di Planet Mars, sebuah gunung berapi raksasa yang ukurannya menyaingi, bahkan melampaui, gunung-gunung tertinggi di Bumi.

Gunung berapi ini memiliki diameter yang luar biasa, sekitar 450 kilometer, dan tinggi mencapai lebih dari 9.000 meter atau 9 kilometer.

Terletak di dekat ekuator Mars, gunung ini menawarkan wawasan baru tentang geologi planet tersebut.

Tim peneliti juga menemukan bukti mengejutkan dari sisa-sisa lapisan es gletser yang terkubur di dasar gunung berapi.

BACA JUGA:Penemuan Arkeologis di Inner Mongolia, Cangkang Naga yang Mengungkap Sejarah Budaya Hongshan

Temuan ini menambahkan lapisan baru pada misteri Mars, menunjukkan bahwa gunung berapi ini bisa menjadi lokasi kunci untuk penelitian astrobiologi dan pencarian tanda-tanda kehidupan di luar Bumi.

“Kami sangat terkejut dan terinspirasi oleh penemuan gunung berapi raksasa ini, serta kemungkinan adanya es gletser,” ujar Pascal Lee, ilmuwan planet dari SETI Institute dan Mars Institute.

“Ini membuka peluang baru untuk memahami evolusi geologi Mars, mencari kehidupan, dan merencanakan eksplorasi masa depan.”

BACA JUGA:Penemuan Makam Berisi Emas dan Keramik Kuno Mengungkap Kehidupan Bangsawan Gran Coclé

Gunung berapi yang belum dinamai ini terletak di antara dua landmark Mars yang paling ikonik: Noctis Labyrinthus dan Valles Marineris.

Dengan ukuran yang begitu masif, gunung ini diyakini telah aktif selama jutaan tahun dan mungkin masih aktif hingga saat ini.

Di puncak gunung, terdapat sebuah mesa—dataran tinggi yang rata—dengan lereng yang menyebar luas hingga 225 kilometer ke segala arah.