Negara-Negara dengan Aktivitas Vulkanik Terbesar, Indonesia Merajai Soal Ini!

Negara-Negara dengan Aktivitas Vulkanik Terbesar, Indonesia Merajai Soal Ini!

Negara-Negara dengan Aktivitas Vulkanik Terbesar--

PAGARALAMPOS.COM - Gunung berapi, keajaiban alam yang mempesona dan menakutkan, merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan di Bumi.

Di sepanjang sejarah, letusan gunung berapi telah menciptakan lanskap baru, menyuburkan tanah, namun juga menimbulkan kehancuran yang dahsyat.

Dengan lebih dari 1.500 gunung berapi berpotensi aktif di seluruh dunia, kita menjelajahi tujuh negara yang memegang peringkat tertinggi dalam hal jumlah dan aktivitas gunung berapi.

1. Indonesia

Indonesia, negara kepulauan di Asia Tenggara, dikenal sebagai rumah bagi sebagian besar gunung berapi aktif di dunia. Dengan 147 gunung berapi, 129 di antaranya masih aktif, Indonesia memimpin dalam daftar negara dengan aktivitas vulkanik terbesar.

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Wisata di Ancol Jakarta yang Pas Dikunjungi Saat Bulan Puasa

BACA JUGA:Inilah 6 Rekomendasi Wisata di Aceh yang Miliki Keindahan Menakjubkan

Terletak di Cincin Api Pasifik, wilayah ini merupakan tempat perbatasan lempeng tektonik yang aktif secara geologis. Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan sejumlah pulau lainnya di Indonesia menjadi tempat bagi gunung berapi yang menghiasi lanskap negara ini.

2. Cile

Cile, negara panjang dan sempit di Amerika Selatan, juga merupakan salah satu tempat dengan aktivitas vulkanik yang signifikan. Dengan lebih dari 2.000 gunung berapi, 60 di antaranya meletus dalam 450 tahun terakhir, Cile menempati peringkat kedua setelah Indonesia dalam hal jumlah gunung berapi aktif.

Terletak di antara lempeng tektonik Nazca dan Amerika Selatan, aktivitas tektonik yang intens di wilayah ini menghasilkan gunung berapi yang spektakuler, seperti Llaima dan Villarica.

3. Jepang

Jepang, negara kepulauan di Asia Timur, adalah rumah bagi hampir 10% dari semua gunung berapi aktif di dunia. Dengan 108 gunung berapi aktif, Jepang terletak di Cincin Api Pasifik, yang merupakan kawasan vulkanik paling aktif di dunia.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Wisata Pantai Cantik yang Ada di NTB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: