Kongsberg Tingkatkan Kapasitas Produksi Rudal Jelajah Anti Kapal NSM

Kongsberg Tingkatkan Kapasitas Produksi Rudal Jelajah Anti Kapal NSM

Foto : Rudal jelajah-Kongsberg Tingkatkan Kapasitas Produksi Rudal Jelajah Anti Kapal NSM-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Kongsberg Defence dan Aerospace, adalah salah satu manufaktur alutsista global yang mendapat berkah order dari dinamika konflik global. Lantaran jumlah pesanan rudal jelajah anti kapal NSM (Naval Strike Missile) l.

Yang meningkat signifikan, mendorong pabrikan asal Norwegia tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksi rudal.

Dalam siaran pers Kongsberg (15/3/2024), rudal jelajah anti kapal NSM yang juga digadang untuk dipasangkan pada KCR (Kapal Cepat Rudal) Golok 688, kapasitas produksinya akan ditingkatkan.

Yakni dengan didasarkan atas dukungan finansial dari pemerintah Norwegia dan program ASAP (Act in Support of Ammunition Production) yang disokong Uni Eropa.

BACA JUGA:Gantikan Mesin Turbojet Buatan Perancis, Rudal Jelajah Sukses Meluncur Dengan Mesin Produksi Dalam Negeri

Situasi kebijakan keamanan di Eropa telah meningkatkan kebutuhan untuk menjamin ketersediaan dan pasokan amunisi dan rudal.

Tahun lalu, Komisi Eropa meluncurkan program ASAP untuk mendukung kemampuan industri pertahanan di Eropa dalam meningkatkan kapasitas produksi amunisi dan rudal.

Selama beberapa tahun terakhir, Kongsberg telah menerapkan beberapa langkah untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Seperti investasi pabrik rudal baru di kota Kongsberg, yang akan dibuka pada musim panas ini. Kini kapasitasnya semakin meningkat dengan dukungan dari Uni Eropa dan pemerintah Norwegia.

BACA JUGA:Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya

Investasi oleh Kongsberg meliputi peralatan dan mesin untuk meningkatkan kapasitas di pabrik rudal baru, serta fasilitas baru.

Tuuannya untuk meningkatkan kapasitas produksi komponen sensor. Selain itu, akan ada investasi pada rantai pasokan untuk memastikan pasokan di masa depan.

Kongsberg berencana untuk berinvestasi sebesar NOK 640 juta, dimana pemerintah Norwegia memberikan kontribusi sebesar NOK 200 juta dan Uni Eropa memberikan kontribusi sebesar EUR 10 juta.

Naval Strike Missile (NSM) saat ini digunakan oleh 14 negara, 11 di antaranya berasal dari NATO atau Uni Eropa. Investasi baru ini akan memperkuat kolaborasi erat dalam produksi NSM di seluruh perbatasan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: