Ternyata Inilah Sejarah Puasa Ramadhan yangTelah Disyariatkan Pada Umat Islam di Dunia

Ternyata Inilah Sejarah Puasa Ramadhan yangTelah  Disyariatkan Pada Umat Islam di Dunia

Tau Gak Sih? Ternyata Inilah Sejarah Puasa Ramadhan yang Disyariatkan Pada Umat Islam di Dunia -Foto: net-

BACA JUGA:Amalan yang Wajib Kita Kerjakan di 10 Hari Pertama Melaksanakan Puasa!

Nabi Nuh AS melakukan ibadah puasa setelah turun dari bahteranya setelah peristiwa badai yang menghantam negeri kaumnya.

Puasa yang dilakukan pada zaman Nabi Nuh AS dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas keselamatan dirinya dan kaumnya dari badai yang menghantam. 

Namun, Nabi Nuh AS tidak berpuasa selama satu bulan penuh karena belum ada perintah yang mewajibkan puasa Ramadhan sebulan penuh.

Sebaliknya, menurut Syekh Sulaiman Ahmad Yahya Al Faifi dalam buku Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq, perintah puasa Ramadhan diturunkan pada zaman Nabi Muhammad SAW. 

BACA JUGA:Miliki Cita Rasa Lezat dan Nikmat! 7 Menu Makanan Khas Bangka Ini Cocok Banget Buat Menu Buka Puasa Loh!

Puasa Ramadhan pertama kalinya disyariatkan pada tahun kedua Hijriah yakni, pada Senin, 10 Syaban tahun ke-2 Hijriah atau satu setengah tahun setelah Rasulullah SAW dan umatnya hijrah dari Makkah ke Madinah.

Dari awal perintah puasa Ramadhan turun hingga Rasulullah SAW wafat, setidaknya Rasulullah SAW telah melaksanakan sembilan kali puasa dalam sembilan tahun.

Dikutip dari buku Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad oleh Moenawar Khalil, sebelum adanya perintah dari Allah SWT mengenai puasa Ramadhan, Nabi Muhammad SAW dan umatnya telah mengerjakan puasa di setiap bulannya pada tanggal 13, 14, dan 15. Nabi Muhammad SAW dan umatnya juga berpuasa setiap tanggal 10 bulan Muharram atau biasa juga disebut puasa Asyura.

BACA JUGA:Jangan Asal Pilih Makanan Saat Melaksanakan Ibadah Puasa, Inilah Beberapa yang Harus Diwaspadai!

Kemudian, 18 bulan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, lebih tepatnya pada bulan Syaban tahun kedua Hijriah, Allah SWT menurunkan perintah untuk wajib berpuasa kepada umat Islam. 

llah SWT menurunkan perintah secara langsung kepada umat Islam untuk melakukan puasa pada surah Al-Baqarah ayat 183,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.

Dalam ayat tersebut, dijelaskan orang-orang yang beriman wajib untuk berpuasa sebagaimana orang-orang dahulu berpuasa. Puasa ini dilakukan selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: