Masyarakat Jangkar Mas Diminta Optimalkan Pekarangan Rumah, untuk Mendukung Program GSMP

Masyarakat Jangkar Mas Diminta Optimalkan Pekarangan Rumah, untuk Mendukung Program GSMP

Masyarakat Jangkar Mas Diminta Optimalkan Pekarangan Rumah, untuk Mendukung Program GSMP--

PAGARALAMPOS.COM - Dalam upaya mewujudkan kemandirian pangan dan menekan angka stunting di wilayahnya, Lurah Jangkar Mas mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah secara optimal.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) serta program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam dalam mengatasi permasalahan pangan.

Ajakan ini tidak hanya disampaikan kepada masyarakat secara langsung, tetapi juga kepada para Ketua RT/RW dalam berbagai kegiatan di kantor Lurah.

Maman Firmansyah, yang merupakan tokoh penting dalam inisiatif ini, menyatakan pentingnya memberikan contoh konkret kepada masyarakat terkait pengelolaan sayuran di pekarangan rumah.

BACA JUGA:Kemenangan Gemilang PAN Kota Pagaralam dalam Pileg 2024, Meraih 2 Kursi DPRD

BACA JUGA:Cegah Pelanggaran Prajurit TNI, Kodam II/Sriwijaya Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi

BACA JUGA:Polda Sumsel Fasilitasi Prajurit Persit Kodam II/Swj Buat SIM

Menurut Maman, program GSMP merupakan terobosan yang mampu mengubah pola pikir masyarakat menjadi lebih produktif dengan memanfaatkan halaman pekarangan rumah.

"Dengan menanam sendiri berbagai jenis sayuran seperti cabai, daun bawang, tomat, dan tanaman lainnya, kita bisa menghemat pengeluaran dan meningkatkan kemandirian pangan keluarga," ungkapnya.

Selain tanaman sayuran, pekarangan rumah juga dapat dimanfaatkan dengan membuat kolam ikan lele atau ikan nila. Hal ini diharapkan dapat merubah pola konsumtif masyarakat menjadi lebih produktif.

"Dengan adanya kolam pribadi, masyarakat dapat memproduksi sendiri kebutuhan pokok seperti ikan, sehingga tidak hanya memenuhi kebutuhan sendiri tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan," tambahnya.

BACA JUGA:Ukraina Pamer Sea Baby, Drone Laut Kamikaze Dengan Hulu Ledak 1 Ton Sanggup Berlayar 1.000 Km

BACA JUGA:Holland Class Belanda, OPV Bergaya Frigat Untuk Operasi di Wilayah Luar Eropa

BACA JUGA:Polri Segers Limpahkan Tujuh Tersangka PPLN Pelanggaran Pemilu ke Kejaksaan

Pemanfaatan pekarangan rumah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di wilayah Kelurahan Jangkar Mas.

Dengan adanya pola pertanian dan perikanan skala kecil ini, diharapkan masyarakat dapat memproduksi secara mandiri bahkan dalam skala yang lebih besar.

"Semoga dengan upaya ini, masyarakat dapat menjadi lebih mandiri secara pangan dan meningkatkan taraf hidup mereka," pungkas Maman.

Inisiatif ini tidak hanya akan memberikan manfaat langsung dalam memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga akan membawa dampak positif dalam hal ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, dan pengurangan tingkat kemiskinan.

BACA JUGA:Tingkat Partisipasi Pemilu di Jawa Timur Lampaui Target Nasional, Ini Faktanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: