Holland Class Belanda, OPV Bergaya Frigat Untuk Operasi di Wilayah Luar Eropa

Holland Class Belanda, OPV Bergaya Frigat Untuk Operasi di Wilayah Luar Eropa

PAGARALAMPOS.COM - Sebagai negara dengan sejarah maritim yang panjang, Belanda memproyeksikan kehadiran armada angkatan lautnya untuk operasi jarak jauh atau penggelaran kekuatan laut di wilayah khusus di luar Eropa.

Meski tidak semasif yang dilakukan Inggris dan Perancis, Angkatan Laut Belanda juga mengoperasikan OPV (Offshore Patrol Vessel) untuk misi di seberang lautan.

Jenis OPV yang dioperasikan Angkatan Laut Belanda (Royal Netherlands Navy) adalah Holland class, dengan jumlah empat unit yang dibangun Damen Schelde Naval Shipbuilding.

Holland class dirancang untuk memenuhi tugas patroli dan intervensi terhadap lawan bersenjata ringan, seperti bajak laut dan penyelundup.

BACA JUGA:Frigat Van Speijk Class Diklaim Paling ‘Feasible’, Begini Penampakannya

Meski begitu, OPV ini memiliki pengawasan elektronik dan radar dengan kemampuan lebih tinggi yang digunakan untuk stabilisasi militer dan peran keamanan.


Foto : Kapal Frigat.-Holland Class Belanda, OPV Bergaya Frigat Untuk Operasi di Wilayah Luar Eropa-Indomiliter.com

Sebagai OPV, Holland class hadir tanpa sonar atau senjata jarak jauh, OPV ini memanfaatkan kemampuan Thales integrated mast (I-Mast 400), yang mengintegrasikan sistem komunikasi dan dua susunan radar untuk sistem pencarian udara dan permukaan.

Holland class mampu memantau target udara, seperti adanya ancaman rudal dan drone dengan jangkauan hingga 250 km.

Target permukaan dengan jangkauan hingga 70 km, berkat adopsi Thales Integrated Sensor and Communication Systems (ISCS), yang terdiri dari SeaMaster 400 air warning radar.

BACA JUGA:60 Tahun Terbang C-130 Hercules Pensiun, AU Brazil Operasikan C-390 Millennium

Watcher 100 active phased-array surface detection and tracking radar (diklaim mampu mendeteksi objek kecil seperti ranjau dan periskop di permukaan laut pada jarak 40 km).

OPV ini juga memiliki tautan data tautan (data link) 11 dan 16, serta mine detection sonar dam infrared Gatekeeper/electro-optical (EO) warning system.

Sistem sensor ditempatkan di tiang terintegrasi, juga disediakan oleh Thales, yang disebut I-Mast 400. Thales juga membangun sistem komunikasi satelit untuk kapal-kapal tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: