Kemendikbudristek Luncurkan Rapor Pendidikan PAUD, Guna Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Kemendikbudristek Luncurkan Rapor Pendidikan PAUD, Guna Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini

Kemendikbudristek Luncurkan Rapor Pendidikan PAUD, Guna Meningkatkan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini--

PAGARALAMPOS.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali mengambil langkah berani dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Indonesia.

Dalam sebuah acara yang diadakan di Plasa Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek pada Selasa (5/3), mereka merilis Rapor Pendidikan untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Peluncuran tersebut turut disertai dengan sosialisasi pembaruan data Rapor Pendidikan untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Rapor Pendidikan Daerah.

Rapor Pendidikan PAUD, yang merupakan hasil dari Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) PAUD, diharapkan dapat menjadi alat penting bagi berbagai pihak, termasuk pemerintahan daerah, satuan pendidikan, dan orang tua, dalam mendukung pembenahan pendidikan.

BACA JUGA:Camilan Buah Sehat! Berlimpah Nutrisi dan Gizi Baik. Inilah Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

BACA JUGA:Melawan Hoax dan Membangun Kepercayaan, Ini Strategi Literasi Digital Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan!

Langkah ini menegaskan komitmen Kemendikbudristek terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan sebagai proses yang berkelanjutan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam agenda sosialisasi tersebut, menyatakan kegembiraannya atas dampak positif yang telah tercipta dari berbagai upaya pembenahan pendidikan yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir.

Ia juga mengajak seluruh satuan pendidikan untuk terus bersemangat dalam memperkuat sinergi dengan Kemendikbudristek, sambil menekankan bahwa proses pembenahan ini adalah usaha bersama.

"Peningkatan layanan pendidikan ini butuh dukungan dan kolaborasi dari semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, satuan pendidikan, bahkan orang tua sehingga proses pembenahan yang dilakukan lebih optimal," ujar Nadiem.

BACA JUGA:Kejari Bongkar Mafia Tanah di Pagar Alam, Tersangka 3 ASN BPN

BACA JUGA:Tradisi Suku Anak Dalam, Miliki Hukum Alam dan Adat yang Kuat

Rapor Pendidikan, sebagai bagian dari inisiatif Merdeka Belajar, menjadi salah satu alat bantu bagi satuan pendidikan dalam mengidentifikasi kondisi layanan, menetapkan prioritas pembenahan, dan menyusun rencana pembelajaran.

Melalui integrasi data Asesmen Nasional dan Sulingjar, Rapor Pendidikan memberikan gambaran komprehensif tentang kondisi pendidikan Indonesia, serta menjadi landasan untuk refleksi dan perbaikan mutu pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: