Gerakan Pangan Murah Dukung Stabilitas Harga dan Ketersediaan Pangan di Kota Pagar Alam

Gerakan Pangan Murah Dukung Stabilitas Harga dan Ketersediaan Pangan di Kota Pagar Alam

ANTRE: Saat warga di Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam mengantre untuk membeli sembako murah-Foto: Fahmi-Pagaralampos.com

PAGAR ALAM, PAGARALAMPOS.COM - Ribuan masyarakat antusias menyerbu Pasar Pasar Rakyat Dempo Utara, Kelurahan Agung Lawangan untuk membeli paket sembako yang dijual dalam Gerakan Pangan Murah (GPM). Rabu, 6 Maret 2024.

Sebanyak 6 Ton Beras dan 300 Paket Sembako berhasil dijual dalam GPM yang digelar oleh Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Pagar Alam.

Tujuannya untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan di Kota Pagar Alam serta mengendalikan inflasi.

Pj Sekda Pagar Alam Rano Fahlesi, melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Dahnial Nasution, yang diwakili oleh Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Jepri Zulfikar menjelaskan, bahwa GPM telah dilaksanakan di 5 Kecamatan di Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:Melahirkan Generasi Unggul, Kota Pagar Alam Galang Semangat Al-Qur'an pada MTQ ke-12

"GPM merupakan Kerjasama dengan Bulog Cabang Lahat memungkinkan penjualan beras SPHP dengan harga eceran tertinggi pemerintah, yaitu Rp 54.000 per karung,"kata Jefri.

Selain itu, lanjut Jefri, tersedia paket sembako berisi 1 karung beras SPHP, 1 Kg terigu, dan 1 liter minyak goreng dengan harga Rp 83.000.

"Berbeda dengan Opera pasar murah, Gerakan Pangan Murah ini tidak ada subsidi, yang diperjualbelikan hanya harga eceran pemerintah,"tegasnya.

Sementara itu Camat Dempo Utara Handra ST berharap, kegiatan ini dapat mengurangi antrean sembako di Kota Pagar Alam, meningkatkan produksi pertanian, meningkatkan keberhasilan panen, serta menurunkan angka kemiskinan.

BACA JUGA:Perkuat Sinergi Elaborasi Peningkatan Arah Pembangunan, Pj Wako Silaturrahmi dengan Komjen Purn H Susno Duadji

"Gerakan Pangan Murah ini merupakan upaya konkret dari Pemerintah Kota Pagar Alam dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui akses pangan yang terjangkau dan berkualitas.

Semoga, langkah-langkah ini mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Pagar Alam,"harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: