Takluk Pada Kerajaan Majaphit! Benarkah Kerajaan Bali Ekspansi Wilayah Pertama Mahapahit Gajah Mada?

Takluk Pada Kerajaan Majaphit! Benarkah Kerajaan Bali Ekspansi Wilayah Pertama Mahapahit Gajah Mada?

Takluk Pada Kerajaan Majaphit! Benarkah Kerajaan Bali Ekspansi Wilayah Pertama Mahapahit Gajah Mada? -Foto: net-

 Tanpa curiga, Kebo Iwa menyanggupi persaratan tersebut. Maka mulailah dengan cekatan Kebo Iwa menggali sumur, tapi ketika dirasa cukup dalam, tiba-tiba Gajah Mada memerintahkan pasukannya untuk menimbun Kebo Iwa yang ketika itu masih berada di dasar sumur dengan batu dan tanah hingga Kebo Iwa terkubur. 

Tetapi lantaran kesaktiannya, ternyata Kebo Iwa tidak mati, dia bahkan mampu keluar dari dasar sumur dengan keadaan segar bugar. 

Saat itulah, Kebo Iwa amat marah dengan kelicikan Gajah Mada sehingga langsung mencari dan meyerang Patih Gajah Mada. 

BACA JUGA:Kental Akan Sejarah, Inilah 4 Kesenian Asli Kerajaan Majapahit Yang Memiliki Kisah Perjuangan

BACA JUGA:4 Misteri dan Mitos Gunung Dempo yang Wajib Diketahui

Menurut petunjuk Niskala Kebo Iwa, saat itu Kebo Iwa naik ke atas dari dalam sumur mencari Gajah Mada hingga ke Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Wisata Besuki, Desa Jugo, Kec Mojo, Kediri, Jawa Timur. 

Sumur yang digali Kebo Iwa, kini sudah dibangun tempat suci bernama Candi Kedaton.

Pertempuran sangat seru dan berimbang antara Kebo Iwa dan Gajah Mada berlangsung lama sekali tanpa ada yang menang dan kalah. 

Dalam pertarungan itu, Kebo Iwa sempat menanyakan alasan seorang patih dari kerajaan yang besar berlaku licik dan tidak pantas dilakukan oleh seorang yang mengaku sebagai seorang negarawan. 

BACA JUGA:HAH! Ternyata ini Fakta 5 Suku di Sumsel yang Merupakan Generasi Majapahit, Benarkah Nomor 2 Paling Dominan?

BACA JUGA:Wow! Ternyata 5 Suku Asli Sumsel Ini Keturunan Majapahit Lho!

Patih Gajah Mada menjawab ”Kewajiban seorang ksatria untuk memperluas wilayah kerajaannya, serta mempersatukan nusantara di bawah panji-panji Majapahit. Karena Patih Kebo Iwa merupakan batusandungan, jadi wajib untuk disingkirkan,” kata Gajah Mada. 

Berhubung rasa malu untuk kembali ke Bali, maka Kebo Iwa berkata."Kewajibanmu mempersatukan nusantara di bawah Majapahit tidak akan saya halangi dan saya akan memberikan rahasia kematian saya,” kata Kebo Iwa. 

Diam-diam Kebo Iwa mendukung rencana Gajah Mada yang akan mempersatukan nusantara. Karena itu, dalam pertempuran yang sudah lama sekali tersebut, Kebo Iwa memberitahukan kelemahannya pada Gajah Mada. 

Namun Kebo Iwa juga sempat bersumpah. "Kematian saya terjadi jika saya dikubur dengan bubuk kapur. Tetapi karena Anda secara licik telah menipu saya, maka kelak negeri nusantara bentukkan Anda akan diperintah dan dijajah oleh orang orang yang berkulit putih, berhidung mancung, berambut pirang. Roh saya akan menyatu dengan orang-orang kulit putih tersebut hingga saya merasa puas," kata Kebo Iwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: