10 Tempat Spiritual yang Banyak Dikunjungi Orang Saat Menjelang Bulan Puasa di Indonesia

10 Tempat Spiritual yang Banyak Dikunjungi Orang Saat Menjelang Bulan Puasa di Indonesia

10 Tempat Spiritual yang Banyak Dikunjungi Orang Saat Menjelang Bulan Puasa di Indonesia--

Nyorog menjadi tradisi spiritual yang banyak dilakukan oleh orang saat menjelang bulan puasa, karena tradisi ini dianggap sebagai bentuk menjaga hubungan baik antara keluarga dan kerabat.

BACA JUGA:Ritual-Ritual Suku Dayak, Dari Tiwah hingga Ngayau, Simak Cerita di Balik Tradisi Unik dan Menakjubkan

Bingkisan yang diberikan dalam tradisi nyorog berupa kue, bandeng, daging kerbau, atau bahan-bahan mentah seperti beras, gula, kopi, susu, dan sebagainya. Selain itu, tidak sedikit masyarakat yang mengirimkan makanan khas Betawi, seperti sayur gabus pucung yang dibungkus.

7. Ziarah Kubur di TPU Jeruk Purut

Ziarah kubur adalah tradisi mengunjungi makam orang-orang yang sudah meninggal, yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia. Tradisi ini dilakukan untuk mendoakan arwah orang-orang yang sudah meninggal, sekaligus mengingatkan diri akan kematian.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada hari Jumat, atau pada hari-hari tertentu seperti 10 Muharram, 27 Rajab, atau 15 Sya’ban. Tradisi ini juga dilakukan menjelang bulan puasa, sebagai bentuk persiapan mental untuk menjalani ibadah puasa.

Salah satu tempat ziarah kubur yang terkenal di Indonesia adalah TPU Jeruk Purut, yang terletak di Jakarta Selatan. TPU Jeruk Purut adalah pemakaman umum yang memiliki luas sekitar 10 hektar, dan berisi makam-makam dari berbagai latar belakang agama, suku, dan golongan.

TPU Jeruk Purut juga dikenal sebagai tempat yang angker dan misterius, karena banyak cerita mistis yang beredar tentang tempat ini. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah tentang hantu berwajah seram yang sering muncul di tempat ini, yang disebut sebagai Hantu Jeruk Purut.

BACA JUGA:Ritual Pemanggilan Roh Nenek Moyang Suku Mandailing, Yuk Simak Tujuan dan Cara Melakukannya!

TPU Jeruk Purut menjadi tempat ziarah kubur yang banyak dikunjungi orang saat menjelang bulan puasa, karena tempat ini dianggap sebagai tempat yang memiliki banyak kisah dan makna.

Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk berziarah, sekaligus mencari sensasi dan tantangan. Selain itu, tempat ini juga menjadi tujuan wisata sejarah dan budaya, karena di tempat ini terdapat makam-makam dari tokoh-tokoh penting, seperti pahlawan nasional, seniman, budayawan, dan lain-lain.

8. Padepokan Dimas Kanjeng di Probolinggo

Padepokan Dimas Kanjeng adalah sebuah tempat yang didirikan oleh Dimas Kanjeng Taat Pribadi, seorang tokoh yang mengaku sebagai penerus ajaran Sunan Kalijaga, salah satu Walisongo.

Padepokan ini terletak di Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Padepokan ini memiliki luas sekitar 2 hektar, dan berisi berbagai fasilitas, seperti rumah, masjid, aula, kantor, dan tempat ibadah lainnya.

BACA JUGA:Sungguh Memukau! Inilah 6 Tempat Wisata di Bojonegoro yang Menawarkan Keindahan Alam yang Mempesona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: