Begini Keunikan 6 Suku di Pedalaman Kalimantan

Begini Keunikan 6 Suku di Pedalaman Kalimantan

Ada kultur kekerabatan yang cukup otentik di suku Banjar dengan skema panggilan bernama ULUN. Selain itu, ada bahasa Banjar sebagai bahasa asli dari suku Banjar yang secara linguistik dengan bahasa di rumun Melayu.

BACA JUGA:Menyusuri Misteri Kota Gaib Saranjana yang Ada di Kalimantan, Simak Faktanya Disini!

Kebudayaan khas suku Banjar cukup bervariasi, seperti Rumah Banjar, seni Tari Banjar, Mamanda hingga Musik Panting. Suku Banjar juga terkenal akan kulinernya, seperti Soto Banjar dan Sate Banjar.

3. Suku Agabag

Suku Agabag masuk ke dalam etnis yang sejak berabad-abad mendiami Pulau Kalimantan. Menurut beberapa antropolog, suku Agabag ini masih bersaudara dengan suku Dayak.

Saat ini, suku Agabag tersebar di wilayah Kalimantan Utara dengan populasi 20.168 jiwa.

Sistem kepercayaan yang dianut oleh suku Agabag bernama Kaharingan, yaitu sistem kepercayaan yang mempercayai Tuhan yang dianut secara turun temurun.

BACA JUGA:Menyusuri Misteri Kota Gaib Saranjana yang Ada di Kalimantan, Simak Faktanya Disini!

Ada yang menganggap bahwa Kaharingan merupakan cabang Agama dari Hindu karena memiliki beberapa kemiripan dari segi ritual.

4. Suku Punan


Foto : Suku di Kalimantan.-Begini Keunikan 6 Suku di Pedalaman Kalimantan-Google.com

Sama halnya dengan suku Agabag, suku Punan merupakan keturunan langsung dari suku Dayak dan tinggal menetap di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Jumlah populasinya juga relatif kecil, yakni antara 19.000 hingga 20.000 jiwa saja.

Dahulu, suku Punan senang berdiaspora dan tinggal secara nomaden ke beberapa wilayah. Namun, seiring berjalannya waktu, suku ini menetap dan mengimplementasikan sistem ladang bersama kelompok kecil lainnya.

BACA JUGA:Busana Tradisional Kalimantan, Mengenal 7 Ciri Pakaian Khas yang Membuatnya Begitu Menarik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: