Begini Keunikan 6 Suku di Pedalaman Kalimantan

Begini Keunikan 6 Suku di Pedalaman Kalimantan

Suku ini dikenal sebagai penjaga hutan rimba, karena sering kali bertemu dengan warga luar di wilayah hutan yang tertutup rapat.

Pemerintah menganggap bahwa suku Punan sebagai terasing karena pola hidupnya yang masih tradisional dan terisolasi dari dunia luar.

5. Suku Kutai

Ada suku Kutai yang masuk ke dalam rumpun Melayu karena faktor sosiologis dan antropologis yang mirip dengan suku Melayu.

Suku Kutai tinggal di wilayah Kalimantan Timur dengan populasi kurang lebih 280.000 ribu.

Beberapa adat istiadat yang melekat dengan suku Kutai, antara lain ada upacara adat bernama Erau, tarian untuk mengobati suatu penyakit bernama Belian, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Menyusuri Misteri Kota Gaib Saranjana yang Ada di Kalimantan, Simak Faktanya Disini!

Di lain sisi, suku Kutai juga terkenal akan hal-hal mistisnya, dapat dilihat dari mantra-mantra gaib yang dituangkan dalam parang maya, racun gangsa, perakut, pelaros, dan lain sebagainya.

6. Suku Melayu

Suku Melayu merupakan salah satu kelompok dominan terutama di Kalimantan Barat.

Dalam artikel yang berjudul Identitas Dayak dan Melayu di Kalimantan Barat karya Yusriadi yang dimuat di Handep: Jurnal Sejarah dan Budaya disebut identitas Melayu dalam konteks Kalbar dimulai sejak Islam masuk ke wilayah ini.

BACA JUGA:Lokasi Wisata Kuliner Andalan Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Ini 5 Daftarnya!

Melayu menurut Yusriadi digunakan untuk menyebut identitas penduduk Kalimantan Barat yang beragama Islam.

"Namun belum ditemukan hasil-hasil kajian yang dapat menunjukkan kapan persisnya awal mula penggunaan istilah Melayu sebagai identitas etnik di Kalimantan Barat," tulis Yusriadi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: