Mengenal 5 Senjata Tradisional Jambi, Warisan Budaya Yang Masih Digunakan Untuk Berburu Orang Suku Pedalaman

Mengenal 5 Senjata Tradisional Jambi, Warisan Budaya Yang Masih Digunakan Untuk Berburu Orang Suku Pedalaman

Foto : Senjata khas suku di Jambi.-Mengenal 5 Senjata Tradisional Jambi, Warisan Budaya Yang Masih Digunakan Untuk Berburu Orang Suku Pedalaman-Google.com

PAGARLAMPOS.COM - Menyebut nama Jambi, erat hubunganya dengan orang suku serta budaya uniknya. Kebudayaan Jambi sendiri terbentuk dari perpaduan budaya beberapa suku dalam ras Melayu.

Sebut saja, seperti suku kerinci, suku kubu, suku anak dalam, dan suku batin yang hidup berdampingan di daerah semenanjung Sumatera. Masing-masing suku tersebut mempunyai budaya khas yang sangat unik.

Keunikan budaya dari suku-suku di provinsi tersebut salah satunya terdapat pada beberapa senjata tradisional. Kali ini kita akan membahas tentang senjata adat Jambi dengan segala keunikannya.

Nama Senjata Tradisional Jambi

Sebenarnya masyarakat Jambi mempunyai beraneka ragam jenis senjata tradisional. Hal ini karena pengaruh kerajaan Melayu dan kerajaan Sriwijaya di masa lampau yang mewariskan pengetahuan akan ragam senjata tersebut.

BACA JUGA:Tradisi Unik dan Miliki 100 Dialek Bahasa. 5 Suku di NTT Ini Paling Berkuasa Karena Kekuatan Magisnya?

Tetapi, diantara jenis senjata adat tersebut hanya 5 yang tersisa. Nama senjata adat Jambi adalah: Varian senjata lainnya telah punah ditelan masa.

Kelima senjata yang masih tersisa tersebut kami jelaskan secara rinci sebagaimana berikut ini.

1. Badik Tumbuk Lada

Senjata tradisional Jambi yang paling populer adalah bernama Badik Tumbuk Lada. Senjata ini berupa sebuah badik (senjata tikam) dengan keunikan pada desain gagang, bilah, dan sarungnya.

Tidak seperti layaknya Badik khas Sulawesi, Badik Tumbuk Lado nampak lebih simpel.

Senjata ini tidak terdapat banyak ukiran atau hiasan selain pada bagian gagang atau pegangannya yang dilengkapi motif sederhana.

BACA JUGA:Mengenal Warisan Leluhur, 6 Suku Asli Pulau Kalimantan yang Harus Anda Ketahui

Pada saat ini selain sebagai sarana pelindung, Badik Tumbuk Lado  juga telah berfungsi sebagai identitas bagi masyarakat Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: