Warisan Budaya Nusantara Ada di Tana Toraja, Begini Adat, Budaya dan Keunikannya

Warisan Budaya Nusantara Ada di Tana Toraja, Begini Adat, Budaya dan Keunikannya

3. Patung Yesus Buntu Burake dan Jembatan Kaca Terpanjang

Pada dasarnya tempat ini merupakan objek wisata rohani untuk pemeluk agama Kristiani. Akan tetapi siapapun bisa menikmati pemandangan alam yang spektakuler dari jembatan kaca.

Letak patung ini berada di kota Makale, tepat di atas bukit Buntu Burake. Dibangunnya patung ini mereplikasi gaya patung yang ada di Rio De Janeiro, Christ the Redeemer.

Jembatan kaca yang mengelilingi patung merupakan jembatan kaca terpanjang yang ada di Indonesia, dengan panjang sekitar 90 meter. 

BACA JUGA:Perjalanan Suku Sikumbang, Dari Sejarah Kuno hingga Warisan Budaya yang Diwariskan

Berada di jembatan kaca ini, nuansanya seperti sedang melayang di atas ketinggian. Jika ingin menikmati pemandangan yang spektakuler, datanglah sepagi mungkin untuk melihat matahari terbit dengan gumpalan awan putih di sekitarnya.

4. Makam Para Bangsawan di Gua Lemo

Tidak seperti makam pada umumnya, Lemo mudah diakses bagi khalayak umum. Tata cara pemakaman warga bangsawan Toraja yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk melihat langsung liang makam yang ada di dalam batu gua. 

Perbukitan kapur yang bercorak keputihan memberi rona warna tersendiri sehingga makam jauh dari kesan angker.

Ada ragam patung kayu yang menghiasi bukit makam. Bagi adat setempat, patung yang dibuat harus menyerupai orang yang sudah meninggal dan jasadnya dimakamkan ke dalam batu. 

BACA JUGA:Sinopsis Onde Mande, Sarat akan Budaya Minangkabau, ini Filmnya

Setiap keluarga memiliki tempatnya sendiri di dalam bukit, begitu juga dengan penataan patung kayu. Jika mereka sedarah dan memiliki ikatan keluarga, patung-patung tersebut dijejerkan dengan leluhurnya yang lebih dulu meninggal dunia.

5. Gumuk Pasir Sumalu di Toraja Utara

Tempat Wisata Tana Toraja ini bernama Gumuk Pasir Sumalu, yang dulunya sering disebut dengan nama Bukit Pa’buyan.

Ternyata gumuk pasir tidak hanya ada di Yogyakarta. Di Tana Toraja juga punya kompleks perbukitan pasir yang pesonanya tidak kalah cantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: