Baru Tahu, Jika Gunung Sunda Miliki Ikatan Dengan Prabu Siliwangi

Baru Tahu, Jika Gunung Sunda Miliki Ikatan Dengan Prabu Siliwangi

Gunung sunda-Net-

PAGARALAMPOS.COM - Sebuah letusan gunung berapi yang maha dahsyat pernah terjadi di Jawa Barat ratusan ribu tahun yang lalu. Letusan itu berasal dari sebuah gunung bernama gunung Sunda.

Indonesia memiliki banyak gunung berapi aktif yang tersebar dari timur ke barat. Salah satu gunung yang menarik perhatian adalah Gunung Sunda.

Gunung Sunda termasuk dalam kategori ‘gunung purba’ yang saat ini menjadi "induk" dari beberapa gunung di Jawa Barat. 

Gunung Sunda konon terbentuk dari letusan gunung api sebelumnya, yaitu Gunung Jayagiri, sekitar 500 hingga 560.000 tahun yang lalu.

Sisa-sisa letusan Gunung Sunda yang dapat kita saksikan saat ini adalah Tangkuban Parahu, Bukit Tunggal, Burangrang, Danau Bandung Purba dan Putri. 

BACA JUGA:Membongkar Rahasia Kesuksesan Mobil Off-Road Mahindra Thar, Ini Penjelasannya!

Berbeda dengan gunung-gunung di Jawa pada umumnya dan Jawa Barat pada khususnya, seperti Gunung Papndayan yang juga ada di Jawa Barat.  

Gunung yang berbentuk perbukitan  terbentuk dari batuan pasir kuarsa, Memiliki kemiringan lereng lebih dari 40% serta dengan luas -+150 ha. 

Hal itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi Gunung tersebut dibawahannya.

Gunung Sunda Juga menjadi tempat Wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, tidak hanya datang dari Jawa Barat sendiri tapi juga datang dari luar Provinsi Jawa Barat 

BACA JUGA:Manfaat dan Kaya Akan Khasiat Jika Kalian Konsumsi Seledri

Diketahui Gerbang utama menuju Gunung ini berada di Kampung Jambelaer, sekitar 3 km dari Polsek Cisaat. 

Nah, Untuk menaikinya ke arah Puncak Gunung Sunda, diperlukan waktu rata rata 10 menit untuk sampai.

Pemandangan dari Puncak Gunung Sunda di sebelah utara nampak terlihat jelas Gunung Gede Pangrango serta hamparan permukiman warga yang memesona. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: