Pemungutan Suara di LN Hingga Hari Ini Berlangsung Kondusif

Pemungutan Suara di LN Hingga Hari Ini Berlangsung Kondusif

Foto : Kabahatlam Polri Komjen P Kmran Fadil.-Pemungutan Suara di LN Hingga Hari Ini Berlangsung Kondusif-Humas Polri

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu di luar negeri hingga hari ini, Senin (12/2/2024) berlangsung kondusif. Adapun pelaksanaan Pemilu di luar negeri hanya menyisakan Hongkong dan Taipei yang akan dilaksanakan pada 13 dan 14 Februari esok.

“Alhamdulillah PPLN TPSLN semua berjalan lancar dan aman, tertib. Nanti akan dilaksanakan penghitungan suara serentak di tanggal 14,” ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran di Lobby Gedung Baharkam Polri, Senin, (12/2/2024).

Selain kondusifitas pelaksanaan Pemilu di luar negeri, Komjen Fadil menyebut keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam negeri tetap kondusif dan terkendali.

Kata dia, akan ada evaluasi terkait pergeseran personel polisi yang bertugas mengamankan TPS.

BACA JUGA:Hadiri Pelepasan Logistik, TNI Siap Dukung Pemilu 2034 Aman, Damai dan Sejuk

“Situasi nasional kondusif, paling kita dalam waktu dekat akan melakukan evaluasi terkait pergeseran anggota ke titik-titik TPS yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya (personel, red),” jelasnya.

Terkait pengamanan Pemilu, Fadil mengatakan bahwa selain menjalankan Operasi Mantap Brata (OMB), Polri melaksanakan Operasi Aman Nusa 1 dan 2. Hal tersebut sebagai antisipasi jika nantinya terjadi bencana alam dan gangguan terorisme.

“Kita juga melaksanakan operasi Aman Nusa I untuk bencana alam, Aman Nusa II untuk konflik sosial manakala terjadi gangguan terorisme," katanya.

.Jadi jika ada terjadi bencana seperti kan di Demak ada banjir itu kan Grobokan, Kapolda sudah menyusun operasi Aman Nusa 1 dan Aman Nusa 2 untuk mengantisipasi itu semua.

BACA JUGA:Dirpamobvit Baharkam Polri Tinjau Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Kalbar

Terkait TPS yang terletak di wilayah rawan bencana, Fadil mengatakan sudah terdata di masing-masing Polda. Termasuk untuk menghadapi banjir di musim penghujan telah disiapkan antisipasinya bersama stakeholder.

Di sisi lain, kata Fasdil, tidak ada ancaman terorisme terkait Pemilu. “Sampai saat ini tidak ada ancaman Terorisme,” tegasnya.

BACA JUGA:Pimpin Apel Pasukan PAM TPS Pemilu 2024, AKBP Erwin Aras Genda : Kerahkan 326 Personel Dibackup BKO Brimob

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas. Terlebih pemungutan suara akan dilangsungkan dua hari lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: