Yakin Gak Mau Kesini? Nikmati Keindahan Alam Puncak Gunung Merbabu

Yakin Gak Mau Kesini? Nikmati Keindahan Alam Puncak Gunung Merbabu

Yakin Gak Mau Kesini? Nikmati Keindahan Alam Puncak Gunung Merbabu-Foto: net-

Terlihat beberapa kawah di antara terdapat beberapa puncak-puncaknya seperti kawah Condrodimuko, kawah Kendang, Kawah Sambernyowo, kawah Kombang, dan kawah Rebab.

Sebagian telah membentuk kaldera. Inilah proses geologis yang terjadi di Gunung Merbabu selama ratusan tahun berlangsung.

Sebagai kawasan pelestarian alam, Taman Gunung Merbabu memiliki beragam fauna dan floranya.

BACA JUGA:Telusur Puncak Tertinggi di Pagaralam Gunung Dempo yang Tawarkan Keindahan Menakjubkan

BACA JUGA:Mengulik Keistimewaan dan Refrensi Liburan Asyik di Gunung Bromo

Untuk jenis fauna, begitu banyak hewan-hewan menjadikan tempat ini sebagai markas habitatnya, baik hewan liar maupun yang langka.

Diantaranya hewan lutung hitam (Tracypithecus auratus), lutung kelabu (Presbytis fredericae), kijang (Muntiacus muntjak), macan tutul dan Panthera pardus.

Begitu juga ragam burung-burung yang dilindungi dan dilestarikan di kawasan ini seperti jenis Elang, Takur Bututut (Megalaima corvina), Cekakak Jawa (Halcyon cyannoventris), Kipasan Ekor Merah (Rhipidura phoenicura), dan Ciung Air Jawa (Macronous flavicollis).

Tak kalah dengan faunanya, jenis floranya pun begitu memikat seperti Pinus Merkusii, bintuni (Cupressus sp), cemara gunung (Casuarina montana), puspa (Schima wallichi), dan Edelweis Java.

BACA JUGA:Taukah Kamu? Inilah Mitos-mitos yang Menyeramkan dan Mistis di Gunung Kerinci! Simak Faktanya Disini!

BACA JUGA:Dibalik Keindahan yang Menakjubkan, Ternyata Gunung Rinjani Menyimpan Misteri yang Terpendam

Busur Sunda adalah sebuah busur vulkanik yang membuat adanya pulau Sumatra, Jawa, selat Sunda dan kepulauan Nusa Tenggara.

Rantai gunung berapi membentuk punggung topografi di pulau-pulau tersebut.

Beberapa jenis hewan yang tercatat dari kawasan ini di antaranya adalah elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang-ular bido, ayam hutan, tekukur, gelatik batu, kijang, landak, musang luwak, monyet ekor-panjang, macan tutul, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: