Otokar Akrep II, Ranpur Lapis Baja Bertenaga Listrik, Yuk Intip Kemampuan Perangnya

Otokar Akrep II, Ranpur Lapis Baja Bertenaga Listrik, Yuk Intip Kemampuan Perangnya

Foto : Ranpur Otokar Akrep II-Otokar Akrep II, Ranpur Lapis Baja Bertenaga Listrik, Yuk Intip Kemampuan Perangnya-Imdomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Menghadirkan wahana ramah lingkungan rupanya bukan hanya menjadi pakem di lingkup dunia sipil. Meski pelan namum pasti, rintisan alutsista yang ramah lingkungan mulai dikembangkan.

Seperti di pameran militer yang tengah berlangsung di Istanbul, Turki – International Defence Industry Fair (IDEF) 2019, Otokar, manufaktur otomotif asal Turki meluncurkan apa yang disebut sebagai Akrep II (Scorpion).

Akrep II disebut oleh Otokar sebagai prototipe ranpur lapis baja pertama yang dibuat Turki dengan mengandalkan tenaga listrik.

Atau persisnya ranpur 4×4 ini menggunakan baterai layaknya bus listrik yang akan mengular di jalanan Jakarta.

BACA JUGA:Ranpur Tank T-80 Dipasangi Roket Anti Kapal Selam RBU-6000, Begini Penmapakannya

Dalam pengembangan prototipe ini, Otokar tidak sediri, melainkan menggandeng AxleTech, dimana peran AxleTech ditekankan pada penyediaan solusi sistem kelistrikan.


Foto : Ranpur Otokar Akrep II-Otokar Akrep II, Ranpur Lapis Baja Bertenaga Listrik, Yuk Intip Kemampuan Perangnya-Imdomiliter.com

Dikutip dari army-guide.com, baterai yang disematkan dari jenis lithiuim ion, konsol baterai ditempatkan pada bagian depan dan belakang kendaraan dengan masing-masing berkapasitas 180 kw. Kapasitas baterai cadangan bisa disiapkan bila pemesan membutuhkan.

Situs resmi Otokar menyebut bahwa dengan kapasitas baterai penuh, ranpur ringan ini dapat menjelajah sejauh 250 km.

Sayangnya, dibutuhkan waktu 3 jam lamanya untuk proses re-charhing, alias isi ulang baterai hingga benar-benar penuh. Jika kepepet, bisa dilakukan mode super fast charging, dalam waktu 15-20 menit isi ulang, maka kapasitas baterai bisa mencapai 20-30 persen.

BACA JUGA:Zemledeliye Mine Laying System Hancurkan 500 Ranpur Ukraina, Begini Penampakan Ranpur Ini

Pihak Otokar menyebut, Akrep II dirancang dalam dua varian, yaitu varian bertenaga listrik dan diesel. Untuk varian listrik sudah siap saat ini.

Akrep II diawaki oleh tiga orang dengan konfigurasi senjata yang dapat disesuaikan, Otokar menyebut level paling tinggi adalah adopsi meriam kaliber 90 mm.

Sementara pada produk yang ditampilkan di IDEF 2019 adalah varian yang dipasangi kubah kanon kaliber 25 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: