Zemledeliye Mine Laying System Hancurkan 500 Ranpur Ukraina, Begini Penampakan Ranpur Ini

Zemledeliye Mine Laying System Hancurkan 500 Ranpur Ukraina, Begini Penampakan Ranpur Ini

PAGARALAMPOS.COM - Sejak Oktober 2023, pasukan Rusia mulai mengerahkan Zemledeliye – truck-mounted mine-laying system atau sistem peluncur/peletakan ranjau darat berbasis truk, dalam operasi tempurnya di Ukraina.

Dan belum genap enam bulan digunakan di Ukraina, Kementerian Pertahanan Rusia dalam channel di Telegram menyebut bahwa Zemledeliye telah menghancurkan lebih dari 500 ranpur Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim di antara 500 unit ranpur Ukraina yang berhasil dihancurkan Zemledeliye mencakup beberapa Main Battle Tank (MBT) Leopard dan Infantry Fighting Vehicle (IFV) M2A2 Bradley.

Zemledeliye remote minelaying engineering vehicle mampu menyebarkan ranjau dalam area seluas beberapa lapangan sepak bola hanya dalam beberapa menit sejak amunisi diprogram. Amunisi tersebut dapat menghancurkan atau menonaktifkan dirinya sendiri di lokasi sasaran.

BACA JUGA:Korsel Kembangkan Sistem Deteksi Ranjau Laut Dengan Kecerdasan Buatan dan Big Data

Zemledeliye memiliki prinsip multiple launch rocket system (MLRS), tetapi menggunakan amunisi dengan mesin propelan padat yang diisi dengan berbagai jenis ranjau untuk menciptakan ladang ranjau.


Foto : Serangan rudal.-Zemledeliye Mine Laying System Hancurkan 500 Ranpur Ukraina, Begini Penampakan Ranpur Ini-Indomiliter.com

Dalam proses peletakan ranjau, peta medan digital kendaraan menandai koordinat area yang akan ditanamkan ranjau, yang kemudian dikirimkan ke tingkat komando dan kendali yang lebih tinggi.

Zemledeliye terdiri dari sebuah peluncur, rangkaian amunisi yang terdiri dari 50 amunisi kaliber 122 mm (jarak tembak 5 – 15 km) yang diisi dengan ranjau anti-personil atau anti-tank

Dengan daya ledak tinggi, dan didukung kendaraan pengangkut amunisi dengan derek pemuatan di bagian belakang.

BACA JUGA:Jenius, Ditangan Milirer Ukraina, Drone Pertanian DJI Agras T30 Untuk Bertempur, Dibekali Roket Anti Tank

Zemledeliye dipasang pada platform truk Kamaz-6560 8×8 dan dilengkapi dengan kabin pengemudi dengan proteksi lapis baja.

Roket-roket penyebar ranjau ditempatkan dalam wadah yang dimuat ke dalam paket khusus, yang masing-masing berisi 25 amunisi.

Setiap kendaraan Zemledeliye membawa dua paket tersebut. Satu unit kendaraan peluncur dilengkapi dengan sistem komunikasi, sistem pengendali tembakan (fire control system).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: