Insinyur Indonesia Diduga Curi Data Jet Tempur KF-21 Boramae

Insinyur Indonesia Diduga Curi Data Jet Tempur KF-21 Boramae

JAKARTA, PAHARALAMPOS.COM - Belum juga tuntas masalah tunggakan angsuran biaya pengembangan, citra Indonesia dalam proyek jet tempur KF-21 Boramae (d/h KFX/IFX) kembali ternoda.

Yakni dengan kasus dugaan pencurian data penting terkait teknologi KF-21 Boramae oleh insinyur Warga Negara Indonesia yang bekerja di fasilitas Korea Aerospace Industries (KAI), Sacheon, Korea Selatan.

Dilansir dari Yonhap News Agency (2/2/2024), insinyur asal Indonesia sedang diselidiki atas dugaan pencurian teknologi terkait jet tempur KF-21 yang sedang dikembangkan, kata pihak Defense Acquisition Program Administration (DAPA), yakni baada yang menangani program KF-21.

Para insinyur Indonesia yang dikirim ke Korea Aerospace Industries dicurigai menyimpan data pengembangan KF-21 di USB. “Investigasi bersama yang terdiri dari lembaga-lembaga terkait.

BACA JUGA:Perancis Kaji Akuisisi Saab GlobalEye Untuk Next Generation AEW&C

Termasuk Badan Intelijen Nasional, saat ini sedang dilakukan untuk menyelidiki dugaan pencurian teknologi yang dilakukan oleh WNI,” kata seorang pejabat DAPA kepada wartawan.


Foto : Jet tempur Korea Selatan.-Insinyur Indonesia Diduga Curi Data Jet Tempur KF-21 Boramae-Indomiliter.com

Penyelidikan difokuskan pada apakah data yang disimpan berisi teknologi strategis yang terkait dengan program pengembangan KF-21

Menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut. WNI yang diduga melakukan pencurian data saat ini dilarang meninggalkan Korea Selatan.

Indonesia, negara mitra proyek pengembangan jet tempur KF-21, telah gagal menanggung 20 persen biaya proyek sebesar 8,8 triliun won (US$6,5 miliar),

BACA JUGA:Harga Yang Fantastis, Mau Tau Jet Tempur Rafale Dibandrol Berapa, Cek Maharnya Disini

Sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai komitmen Indonesia terhadap program yang diluncurkan pada tahun 2015.

Indonesia diperkirakan telah membayar 278,3 miliar won untuk proyek tersebut sejauh ini dan tertinggal hampir 1 triliun won dalam pembayarannya.

Korea Selatan berencana untuk memulai produksi jet tempur KF-21 akhir tahun ini, dengan tujuan mengerahkan 120 unit KF-21 pada tahun 2032.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: